PROTA Dasar Desain Grafis



Tutorial Debian 5.0 || Modul Guru Pembelajar  || Tutorial Mikrotik || Jaringan Dasar || Tips dan Trik || Kurukulum 2013 KIKD dan SILABUS || Pemrograman Dasar || Komputer dan Jaringan Dasar || Simulasi dan Komunikasi Digital || Administrasi Infrastruktur Jaringan || Dasar Desain Grafis || Administrasi Sistem Jaringan || Teknologi Layanan Jaringan || Lain-lain || RULE-UPDATE-SARAN || Contact Person

PROGRAM TAHUNAN
Tahun Pelajaran 2018 /2019
Mata Pelajaran              :  Dasar Desain Grafis Kelas    :  X
Kompetensi Keahlian    :  Teknik Komputer Jaringan (3 Tahun) Waktu  :  134  x 45 menit
SMT KOMPETENSI DASAR (PENGETAHUAN) KOMPETENSI DASAR (KETERAMPILAN) ALOKASI WAKTU KET
1 3.1 Mendiskusikan unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang 4.1 Menempatkan unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang 8 Teori dan Praktikum 
3.2 Mendiskusikan fungsi, dan unsur warna CMYK dan RGB 4.2 Menempatkan berbagai fungsi, dan unsur warna CMYK dan RGB. 8
3.3 Mendiskusikan prinsip-prinsip tata letak, antara lain : proporsi, irama (rythm), keseimbangan, kontras, kesatuan (unity), dan harmoni dalam pembuatan desain grafis 4.3 Menerapkan hasil prinsip prinsip  tata letak, antara lain :
proporsi, irama (rythm), keseimbangan, kontras, kesatuan (unity), dan harmoni dalam pembuatan desain grafis
8
3.4 Mendiskusikan berbagai format gambar 4.4 Menempatkan berbagi format gambar 8
3.5 Menerapkan prosedur scanning gambar/ ilustrasi/teks dalam desain 4.5 Melakukan proses scanning gambar/ ilustrasi/teks dengan alat scanner dalam desain 12
3.6 Menerapkan perangkat lunak pengolah gambar vektor 4.6 Menggunakan perangkat lunak pengolah gambar vektor 12
3.7 Menerapkan manipulasi gambar vektor dengan menggunakan fitur efek 4.7 Memanipulasi gambar vektor dengan menggunakan fitur efek 12
2 3.8 Menerapkan pembuatan desain berbasis gambar vektor 4.8 Membuat desain berbasis gambar vektor 12 Teori dan Praktikum 
3.9 Menerapkan perangkat lunak pengolah gambar bitmap (raster) 4.9 Menggunakan perangkat lunak pengolah gambar bitmap (raster) 12
3.10 Menerapkan manipulasi gambar raster dengan menggunakan fitur efek 4.10 Memanipulasi gambar raster dengan menggunakan fitur efek 18
3.11 Mengevaluasi pembuatan desain berbasis gambar bitmap (raster) 4.11 Membuat desain berbasis gambar bitmap (raster) 12
3.12 Mengevaluasi penggabungan gambar vektor dan bitmap (raster) 4.12 Membuat desain penggabungan gambar vektor dan bitmap (raster) 12
Mengetahui :  Kendal, 13 Juli 2018
Kepala  Sekolah Guru Mata Pelajaran

Komentar