SILABUS Dasar Desain Grafis GASAL
Tutorial Debian 5.0 || Modul Guru Pembelajar || Tutorial Mikrotik || Jaringan Dasar || Tips dan Trik || Kurukulum 2013 KIKD dan SILABUS || Pemrograman Dasar || Komputer dan Jaringan Dasar || Simulasi dan Komunikasi Digital || Administrasi Infrastruktur Jaringan || Dasar Desain Grafis || Administrasi Sistem Jaringan || Teknologi Layanan Jaringan || Lain-lain || RULE-UPDATE-SARAN || Contact Person
SILABUS MATA PELAJARAN
Nama Sekolah :
BidangKeahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kompetensi Keahlian : Teknik Komputer Jaringan (3 Tahun)
Mata Pelajara : Dasar Desain Grafis
Durasi (Waktu) : 68 JP @ 45 menit
Kelas/Semester : X /1
KI-3 (Pengetahuan) : Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Informatika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian darikeluarga, sekolah, duniakerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4 (Keterampilan) : Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Informatika. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.
| KompetensiDasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Materi Pokok | Alokasi Waktu (JP) | KegiatanPembelajaran | Penilaian |
| 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 |
| 3.1 Mendiskusikan unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang 4.1 Menempatkan unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur, dan ruang | 3.1.1 Menjelaskan unsur-unsur tata letak desain grafis. 3.1.2 Menguraikan unsur-unsur tata letak desain grafis 3.1.3 Mendeskripsikan unsur-unsur tata letak desain grafis 4.1.1 Menetapkan unsur-unsur tata letak desain grafis 4.1.2 Menetapkan tata letak unsur-unsur warna | · Unsur-unsur tata letak desain grafis dan prinsipnya. · Karakteristik, kegunaan, dan makna warna. · Warna sebagai representasi dari alam · Warna sebagai komunikasi, dan ekspresi. | 8 | · Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang unsur-unsur tata letak desain grafis. · Mengumpulkan data tentang unsur-usnru tata letak desain grafis. · Mengolah data tentang unsur-unsur tata letak desain grafis.. · Mengomunikasikan tentang unsur-usnru tata letak desain grafis. | Pengetahuan: · Tes tertulis Keterampilan: · Pengamatan · Unjuk kerja |
| 3.2 Mendiskusikan fungsi, dan unsur warna CMYK dan RGB 4.2 Menempatkan berbagaifungsi, dan unsur warna CMYK dan RGB. | 3.2.1 Menguraikan fungsi warna CMYK dan RGB 3.2.2 Membandingkan warna CMYK dengan RGB 4.2.1 Melakukan kombinasi warna CMYK dan RGB. 4.2.2 Menunjukkan penempatan warna sesuai fungsi. | · Fungsi warna CMYK dan RGB. · Persamaan dan perbedaan warna CMYK dengan RGB. · Kombinasi warna CMYK dengan RGB | 8 | · Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang unsur warna CMYK dan RGB. · Mengumpulkan data tentang fungsi unsur warna CMYK dan RGB. · Mengolah data tentang fungsi unsur warna CMYK dan RGB. · Mengomunikasikan tentang fungsi unsur warna CMYK dan RGB. | Pengetahuan: · Testertulis Keterampilan: · Pengamatan · Unjuk kerja |
| 3.3 Mendiskusikan prinsip-prinsip tata letak, antara lain : proporsi, irama (rythm), keseimbangan, kontras, kesatuan (unity), dan harmoni dalam pembuatan desain grafis 4.3 Menerapkan hasil prinsip-prinsip tata letak, antara lain : proporsi, irama (rythm), keseimbangan, kontras, kesatuan (unity), dan harmoni dalam pembuatan desain grafis | 3.3.1 Menjelaskan prinsip tata letak desain. 3.3.2 Menguraikan prinsip desain 4.3.1 Mengintegrasikan prinsip kedalam desain. 4.3.2 Menunjukkan desain sesuai prinsip. | · kesatuan (Unity) and keselarasan (harmony) · Keseimbangan (Balance) · Proporsi (Proportion) · Irama (Rhythm) · Penekanan/ fokusdan emphasis · Contrast dan variety. · Repetisi (Repetition) | 8 | · Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang prinsip tata letak. · Mengumpulkan data tentang prinsip tata letakdesain. · Mengolah data tentang prinsip tata letak desain. · Mengomunikasikan tentang prinsip tata letak desain. | Pengetahuan: · Tes tertulis Keterampilan: · Pengamatan · Unjuk kerja |
| 3.4 Mendiskusikan berbagai format gambar 4.4 Menempatkan berbagi format gambar | 3.4.1 Menjelaskan format gambar. 3.4.2 Menguraikan berbagai format. 4.4.1 Membandingkan format gambar. 4.4.2 Menyimpan gambar dengan format pilihan. | · Macam-macam format gambar. · Fungsi dan manfaat format gambar. · Perbedaan fungsi setiap format. | 8 | · Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang format gambar. · Mengumpulkan data tentang berbagai format gambar. · Mengolah data tentang berbagai format gambar. · Mengomunikasikan tentang berbagai format gambar. | Pengetahuan: · Tes tertulis Keterampilan: · Pengamatan · Unjuk kerja |
| 3.5 Menerapkan prosedurscanning gambar/ ilustrasi/teks dalam desain 4.5 Melakukan proses scanning gambar/ ilustrasi/teks dengan alat scanner dalam desain | 3.5.1 Menjelaskan fungsi scanning. 3.5.2 Menguraikan prosedur scanning. 4.5.1 Memilih gambar untuk discan. 4.5.2 Menunjukkan hasil scanning. | · Jenis-jenis scanner. · Langkah-langkah scanning. · Kelebihan dan kekurangan proses scanning. | 12 | · Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang scanning. · Mengumpulkan data tentang prosedur scanning. · Mengolah data tentang prosedur scanning. · Mengomunikasikan tentang prosedur scanning. | Pengetahuan: · Tes tertulis Keterampilan: · Pengamatan · Unjuk kerja |
| 3.6 Menerapkan perangkat lunak pengolah gambar vektor 4.6 Menggunakan perangkat lunak pengolah gambar vektor | 3.6.1 Menjelaskan fungsi fitur-fitur pengolah gambar vektor. 3.6.2 Membandingkan gambar berdasarkan fitur. 4.6.1 Mengintegrasikan fitur dalam mengolah gambar vektor. 4.6.2 Menunjukkan gambar vektor hasil pengolahan. | · Perangkat lunak pengolah gambar. · Mengolah gambar vektor dengan perangkat lunak. | 12 | · Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang pengolah gambar vektor. · Mengumpulkan data tentang perangkat lunak pengolah gambar vektor. · Mengolah data tentang perangkat lunak pengolah gambar vektor. · Mengomunikasikan tentang perangkat lunak pengolah gambar vektor. | Pengetahuan: · Tes tertulis Keterampilan: · Pengamatan · Unjuk kerja |
| 3.7 Menerapkan manipulasi gambar vektor dengan menggunakan fitur efek 4.7 Memanipulasi gambar vektor dengan menggunakan fitur efek | 3.7.1 Menjelaskan fungsi manifulasi gambar vektor. 3.7.2 Mengintegrasikan efek fitur manipulasi pada gambar. 4.7.1 Membandingkan efek manipulasi pada gambar. 4.7.2 Menunjukkan gambar hasil manipulasi. | · Manfaat manipulasi gambar vektor. · Teknik memanipulasi gambar vektor. | 12 | · Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang manipulasi gambar. · Mengumpulkan data tentang efek manipulasi gambar. · Mengolah data tentang efek manipulasi gambar. · Mengomunikasikan tentang efek manipulasi gambar. | Pengetahuan: · Tes tertulis Keterampilan: · Pengamatan · Unjuk kerja |
Mengetahui : Kendal, 13 Juli 2018
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Komentar
Posting Komentar