RPP Dasar Desain Grafis X/1 3.2 dan 4.2
Tutorial Debian 5.0 || Modul Guru Pembelajar || Tutorial Mikrotik || Jaringan Dasar || Tips dan Trik || Kurukulum 2013 KIKD dan SILABUS || Pemrograman Dasar || Komputer dan Jaringan Dasar || Simulasi dan Komunikasi Digital || Administrasi Infrastruktur Jaringan || Dasar Desain Grafis || Administrasi Sistem Jaringan || Teknologi Layanan Jaringan || Lain-lain || RULE-UPDATE-SARAN || Contact Person
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Identitas Program Pendidikan
NamaSekolah | : | |
Mata Pelajaran | : | Dasar Desain Grafis |
Komp. Keahlian | : | Teknik Komputer Jaringan (3 Tahun) |
Kelas/Semester | : | X / I (Satu) |
Tahun Pelajaran | : | 2018/2019 |
Alokasi Waktu | : | 8 x 45 Menit |
B. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Kompetensi Inti 3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Jaringan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional |
4. Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Informatika. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung. |
Kompetensi Dasar |
3.2 Mendiskusikan fungsi, dan unsur warna CMYK dan RGB |
4.2 Menempatkan berbagai fungsi, dan unsur warna CMYK dan RGB. |
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator KD pada KI pengetahuan 1. Menguraikan fungsi warna CMYK dan RGB 2. Membandingkan warna CMYK dengan RGB |
Indikator KD pada KI keterampilan 1. Melakukan kombinasi warna CMYK dan RGB. 2. Menunjukkan penempatan warna sesuai fungsi. |
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik akan dapat: 1. Menguraikan fungsi warna CMYK dan RGB 2. Membandingkan warna CMYK dengan RGB |
Setelah mempraktikan, peserta didik akan dapat: 1. Melakukan kombinasi warna CMYK dan RGB. 2. Menunjukkan penempatan warna sesuai fungsi. |
E. Materi Pembelajaran
Fungsi warna CMYK dan RGB.
Persamaan dan perbedaan warna CMYK dengan RGB.
Kombinasi warna CMYK dengan RGB
F. Pendekatan, Model dan Metode
Pendekatan pembelajaran | : | Saintifik |
Model Pembelajaran | : | Discovery Learning |
Metode | : | Diskusi |
G. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Kesatu:
Kegiatan | Deskripsi | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | Guru mengkondisikan kesiapan peserta didik dalam proses KBM: · Memberi salam · Berdoa · Menanyakan kabar peserta didik (kenyamanan dan kesiapan peserta didik dalam belajar) · Mengecek kehadiran peserta didik Guru menyampaikan KI, KD, IPK, tujuan pembelajaran dan materi pokok pembelajaran Menyampaikan cakupan materi dan urutan kegiatan Apersepsi berupa gambaran umum aplikasi materi terhadap realisasinya dalam pekerjaan Memberikan penjelasan tentang pentingnya penerapan K3 dalam menggunakan Perangkat Keras dan Perangkat Lunak Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan | 15 menit |
Stimulation | Mengamati Guru meminta peserta didik untuk membaca buku tentang Fungsi warna CMYK dan RGB dan membandingkan warna CMYK dengan RGB (Literasi) Peserta didik membaca buku tentang Fungsi warna CMYK dan RGB dan membandingkan warna CMYK dengan RGB | 7 x 45 Menit |
Pernyataan / Identifikasi masalah (Problem Statement) | Menanya Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik terkait Fungsi warna CMYK dan RGB dan membandingkan warna CMYK dengan RGB Peserta didik menjawab pertanyaan terkait Fungsi warna CMYK dan RGB dan membandingkan warna CMYK dengan RGB | |
Pengumpulan data (Data Collection) | Mengumpulkan informasi Guru meminta peserta didik untuk mencari informasi Fungsi warna CMYK dan RGB dan membandingkan warna CMYK dengan RGB Peserta didik menggali informasi Fungsi warna CMYK dan RGB dan membandingkan warna CMYK dengan RGB Peserta didik menyampaikan hasil dan kelompok lain menganggapi terkait Fungsi warna CMYK dan RGB dan membandingkan warna CMYK dengan RGB | |
Pembuktian (Data processing dan Verification) | Menalar Guru menugaskan peserta didik untuk berdiskusi dalam kelompok tentang Fungsi warna CMYK dan RGB dan membandingkan warna CMYK dengan RGB Peserta didik berdiskusi tentang Fungsi warna CMYK dan RGB dan membandingkan warna CMYK dengan RGB | |
Menarik simpulan / generalisasi (Generalization) | Mengkomunikasikan Guru dan Peserta didik menyimpulkan tentang Fungsi warna CMYK dan RGB dan membandingkan warna CMYK dengan RGB | |
Penutup | Guru melakukan evaluasi pelajaran yang telah dilaksanakan Guru merefleksikan kegiatan KBM yang sudah dilakukan Guru menginformasikan hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk pertemuan berikutnya Guru mengkondisikan peserta didik dan kelas sebelum pelajaran diakhiri · Cek kebersihan · Cek jumlah peserta didik · Berdoa · Salam | 30 menit |
H. Media, Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
Media | : | Powepoint Office 2010, Internet, Video Dokumenter |
Alat | : | LCD Proyektor, Whiteboard, Spidol, Smartphone |
Bahan | : | Hardware dan Software pendukung desain grafis |
I. Sumber Belajar
Sumber Belajar | : | Ebook: "Ebook Belajar Coreldraw X7 Untuk Pemula", SUHARMAWAN Amd.GRAF Internet: dianwidianik.blogspot.com |
J. Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan
1. Instrumen dan Teknik Penilaian
a. Teknik Penilaian
No | Aspek yang dinilai | Teknik Penilaian | Waktu Penilaian |
1. | Pengetahuan | Tertulis | Saat pembelajaran |
2. | Ketrampilan | Penugasan | Saat pembelajaran/ Setelah pembelajaran |
3. | Sikap | Penilaian diri/ Observasi | Saat pembelajaran/ Setelah pembelajaran |
b. Instrumen Penilaian
1) Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dengan tes tertulis
No | Pertanyaan | Bobot |
1. | 1. | |
Nilai Akhir (NA) | 100 | |
Kunci Jawaban
No | Jawaban |
1. | |
Kriterian penilaian
No | Jawaban |
1. | Skor 0 bila tidak menjawab Skor 30 bila jawaban salah Skor 50 bila jawaban kurang benar Skor 75 bila jawaban mendekati benar Skor 100 bila jawaban benar |
2) Ketrampilan
Penilaian ketrampilan dengan praktik tentang Melakukan kombinasi warna CMYK dan RGB dan penempatan warna sesuai fungsi
No | Aspek | Rentang Skor |
1. | Persiapan | 20 |
2. | Proses | 50 |
3. | Hasil | 20 |
4. | Waktu | 10 |
Nilai Akhir (NA) | 100 |
3) Sikap
Penilaian Sikap melalui Penilaian Diri
No | Aspek Pengamatan | TP | KD | SR | SL |
1. | Saya berdoa sebelum belajar | ||||
2. | Saya bersemangat mengikuti pelajaran | ||||
3. | Saya mengerjakan sendiri ulangan harian/tugas | ||||
4. | Saya terlibat aktif dalam bekerja menyelesaikan tugas kelompok |
Keterangan :
1 = TP : Tidak pernah
2 = KD : Kadang – kadang
3 = SR : Sering
4 = SL : Selalu
Pedoman penilaian
Nilai Akhir :
3,51 – 4,00 : Sangat Baik (SB)
2,51 – 3,50 : Baik (B)
1,51 – 2,50 : Cukup (C)
1,00 – 1,50 : Kurang (K)
2. Analisis Hasil Penilaian
§ Analisis hasil penilaian diadakan setelah diadakan tes formatif
§ Hasil analisis penilaian menentukan perlu tidaknya diadakan remedial atau pengayaan
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
§ Bagi peserta didik yang memperoleh nilai kurang dari 75 diadakan remedi.
§ Apabila jumlah peserta didik yang remidi 75% atau lebih maka diadakan pembelajaran remedial.
§ Bagi peserta didik yang memperoleh nilai 75 atau lebih maka diadakan pengayaan.
Mengetahui, Kepala Sekolah | Kendal, 13 Juli 2018 Guru Mata Pelajaran | |
Komentar
Posting Komentar