SILABUS Dasar Desain Grafis GENAP


Tutorial Debian 5.0 || Modul Guru Pembelajar  || Tutorial Mikrotik || Jaringan Dasar || Tips dan Trik || Kurukulum 2013 KIKD dan SILABUS || Pemrograman Dasar || Komputer dan Jaringan Dasar || Simulasi dan Komunikasi Digital || Administrasi Infrastruktur Jaringan || Dasar Desain Grafis || Administrasi Sistem Jaringan || Teknologi Layanan Jaringan || Lain-lain || RULE-UPDATE-SARAN || Contact Person




SILABUS MATA PELAJARAN
Nama Sekolah                
BidangKeahlian              : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kompetensi Keahlian      : Teknik Komputer Jaringan (3 Tahun)
Mata Pelajara                   : Dasar Desain Grafis
Durasi (Waktu)                : 66 JP @ 45 menit
Kelas/Semester                : X / 2
KI-3 (Pengetahuan)         : Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Informatika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian darikeluarga, sekolah, duniakerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4 (Keterampilan)        : Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Informatika. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang  terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.



KompetensiDasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi Pokok
Alokasi Waktu (JP)
KegiatanPembelajaran
Penilaian
1
2
3
4
5
6
3.8 Menerapkan pembuatan desain berbasis gambar vektor

4.8 Membuat desain berbasis gambar vektor
3.8.1        Menguraikan desain gambar berbasis vektor.
3.8.2        Mengintegrasikan desain gambar berbasis vektor.

4.8.1        Mensketsa desain gambar.
4.8.2        Menunjukkan desain gambar berbasis vektor.
·      Pembuatan gambar berbasis vektor.
·      Mengedit gambar berbasis vektor.
12
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang desain gambar.
·      Mengumpulkan data tentang desain gambar berbasis vektor.
·      Mengolah data tentang desain gambar berbasis vektor.
·      Mengomunikasikan tentang desain gambar berbasis vektor.
Pengetahuan:
·      Tes tertulis

Keterampilan:
·      Pengamatan
·      Unjuk kerja
3.9 Menerapkan perangkat lunak pengolah gambar bitmap (raster)

4.9 Menggunakan perangkat lunak pengolah gambar bitmap (raster)
3.9.1        Menjelaskan fungsi fitur-fitur pengolah gambar bitmap.
3.9.2        Membandingkan gambar berdasarkan fitur.
4.9.1        Mengintegrasikan fitur dalam mengolah gambar raster.
4.9.2        Menunjukkan gambar raster hasil pengolahan.
·      Perangkat lunak pengolah gambar.
·      Mengolah gambar bitmap dengan perangkat lunak.
12
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang pengolah gambar bitmap.
·      Mengumpulkan data tentang perangkat lunak pengolah gambar bitmap.
·      Mengolah data tentang perangkat lunak pengolah gambar bitmap.
·      Mengomunikasikan tentang perangkat lunak pengolah gambar bitmap.
Pengetahuan:
·      Tes tertulis

Keterampilan:
·      Pengamatan
·      Unjuk kerja
3.10 Menerapkan  manipulasi gambar raster dengan menggunakan fitur efek

4.10 Memanipulasi gambar raster dengan menggunakan fitur efek
3.10.1    Menjelaskan fungsi manifulasi gambar bitmap.
3.10.2    Mengintegrasikan efek fitur manipulasi pada gambar.
4.10.1    Membandingkan efek manipulasi pada gambar.
4.10.2    Menunjukkangambarhasil manipulasi.
·      Manfaat manipulasi gambar bitmap.
·      Teknik memanipulasi gambar bitmap.
18
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang manipulasi gambar.
·      Mengumpulkan data tentang efek manipulasi gambar.
·      Mengolah data tentang efek manipulasi gambar.
·      Mengomunikasikan tentang efek manipulasi gambar.
Pengetahuan:
·      Tes tertulis

Keterampilan:
·      Pengamatan
·      Unjuk kerja
3.11 Menerapkan desain berbasis gambar bitmap (raster)



4.11 Membuat desain berbasis gambar bitmap (raster)
3.11.1    Menguraikan desain gambar berbasis bitmap.
3.11.2    Mengintegrasikan desain gambar berbasis bitmap.

4.11.1    Mensketsa desain gambar.
4.11.2    Menunjukkan desain gambar berbasis bitmap.
·      Pembuatan gambar berbasis bitmap.
·      Mengedit gambar berbasis bitmap.
12
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang desain gambar.
·      Mengumpulkan data tentang desain gambar berbasis bitmap.
·      Mengolah data tentang desain gambar berbasis bitmap.
·      Mengomunikasikan tentang desain gambar berbasis bitmap.
Pengetahuan:
·      Tes tertulis

Keterampilan:
·      Pengamatan
·      Unjuk kerja
3.12 Mengevaluasi penggabungan gambar vektor dan bitmap (raster)

4.12 Membuat desain penggabungan gambar vektor dan bitmap (raster)
3.12.1 Menguraikan karakteristik penggabungan gambar vektor dan bitmap
3.12.2 Menyusun kriteria penilaian

4.12.1 Melakukan penilaian terhadap penggabungan gambar vektor dan bitmap
4.12.2 Menyusun laporan penilaian

·         Karakteristik penggabungan gambar vektor dan bitmap
·         Kriteria penilaian penggabungan gambar vektor dan bitmap
·         Menyusun laporan penilaian.
12
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang penilaian gambar.
·      Mengumpulkan data tentang penilaiangabungangambarvektordan bitmap.
·      Mengolah data tentang penilaian gabungan gambar vekto rdan bitmap.
·      Mengomunikasikan tentang penilaian gabungan gambar vektor dan bitmap.
Pengetahuan:
·      Tes tertulis

Keterampilan:
·      Pengamatan
·      Unjuk kerja
                           
                            Mengetahui :                             Kendal, 13 Juli 2018
                            Kepala  Sekolah                Guru Mata Pelajaran





Komentar