KIKD Pemrograman Dasar
Tutorial Debian 5.0 || Modul Guru Pembelajar || Tutorial Mikrotik || Jaringan Dasar || Tips dan Trik || Kurukulum 2013 KIKD dan SILABUS || Pemrograman Dasar || Komputer dan Jaringan Dasar || Simulasi dan Komunikasi Digital || Administrasi Infrastruktur Jaringan || Dasar Desain Grafis || Administrasi Sistem Jaringan || Teknologi Layanan Jaringan || Lain-lain || RULE-UPDATE-SARAN || Contact Person
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika
Kompetensi Keahlian : Teknik Komputer dan Jaringan (3 Tahun)
Mata Pelajaran : Pemrograman Dasar
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
| KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) | KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN) |
| 3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Jaringan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional. | 4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Komputer dan Jaringan. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. |
| KOMPETENSI DASAR | KOMPETENSI DASAR | WAKTU | UNIT KOMPETENSI | SKEMA SERTIFIKASI |
| 3.1 Menerapkan alur logika pemrograman komputer | 4.1 Membuat alur logika pemrograman komputer | 12 | TIK.PR02.001.01 Membuat algoritma program dasar. | Skema Klaster Perekayasaan Perangkat Lunak I |
| 3.2 Memahami bahasa pemrograman | 4.2 Melakukan Instalasi bahasa pemrograman | 12 | ||
| 3.3 Menerapkan alur pemrograman | 4.3 Menulis kode pemrogram | 12 | TIK.PR02.005.01 Menulis program dasar. | Skema Klaster Perekayasaan Perangkat Lunak I |
| 3.4 Menerapkan penggunaan tipe data, variabel, konstanta, operator, dan ekspresi | 4.4 Membuat kode program dengan tipe data, variabel, konstanta, operator dan ekspresi | 4 | ||
| 3.5 Menerapkan operasi aritmatika dan logika | 4.5 Membuat kode program dengan operasi aritmatika dan logika | 8 | ||
| 3.6 Menerapkan struktur kontrol Percabangan dalam bahasa pemrograman | 4.6 Membuat kode program struktur kontrol percabangan | 12 | ||
| 3.7 Menerapkan struktur kontrol Perulangan dalam bahasa pemrograman | 4.7 Membuat kode program struktur kontrol perulangan | 12 | ||
| 3.8 Menganalisis penggunaan array untuk penyimpanan data di memori | 4.8 Membuat kode program untuk menampilkan kumpulan data array | 8 | ||
| 3.9 Menerapkan penggunaan fungsi | 4.9 Membuat kode program menggunakan fungsi | 12 | ||
| 3.10 Menerapkan pembuatan antar muka (User Intreface) pada aplikasi | 4.10 Membuat antar muka (User Intreface) pada aplikasi | 12 | TIK.PR02.005.01 Mengembangkan user interface | SKKNI 2012-615 |
| 3.11 Menerapkan berbagai struktur kontrol dalam aplikasi antar muka (User Intreface). | 4.11 Membuat kode program berbagai struktur kontrol dalam aplikasi antar muka (User Intreface). | 12 | ||
| 3.12 Menganalisis pembuatan aplikasi sederhana berbasis antar muka (User Intreface) | 4.12 Membuat aplikasi sederhana berbasis antar muka (User Intreface) | 12 | ||
| 3.13 Mengevaluasi debuging aplikasi pada sederhana | 4.13 Menggunakan debuging pada aplikasi sederhana | 8 | TIK.PR02.009.01Melakukan debugging program | SKKNI 2012-615 |
| 3.14 Mengevaluasi paket installer aplikasi sederhana | 4.14 Membuat paket installer aplikasi sederhana | 8 | TIK.PR02.010.01Membuat paket perangkat lunak | SKKNI 2012-615 |
| Jumlah Total Jam | 144 | jam | ||
Mengetahui : Kendal, 13 Juli 2018
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Komentar
Posting Komentar