SILABUS Pemrograman Dasar GASAL
Tutorial Debian 5.0 || Modul Guru Pembelajar || Tutorial Mikrotik || Jaringan Dasar || Tips dan Trik || Kurukulum 2013 KIKD dan SILABUS || Pemrograman Dasar || Komputer dan Jaringan Dasar || Simulasi dan Komunikasi Digital || Administrasi Infrastruktur Jaringan || Dasar Desain Grafis || Administrasi Sistem Jaringan || Teknologi Layanan Jaringan || Lain-lain || RULE-UPDATE-SARAN || Contact Person
SILABUS MATA PELAJARAN
Nama Sekolah : SMK
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kompetensi Keahlian : Teknik Komputer dan Jaringan
Mata Pelajaran : Pemrograman Dasar
Durasi (Waktu) : 72 jam
Kelas/Semester : X / I (Satu)
KI-3 (Pengetahuan) : Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Informatika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4 (Keterampilan) : Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Informatika. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar | Indikator Pencapaian Kompetensi | Materi Pokok | Alokasi Waktu (JP) | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 |
3.1 Menerapkan alur logika pemrograman komputer 4.1 Membuat alur logika pemrograman komputer | 3.1.1 Menjelaskan algoritma pemrograman 3.1.2 Menerapkan algoritma pemrograman dalam menyelesaikan masalah 3.1.3 Menjelaskan algoritma pemrograman menggunakan flowchart 3.1.4 Menerapkan flowchart dalam menyelesaikan masalah 4.1.1 Membuat alur program menggunakan text (algoritma) 4.1.2 Membuat program menggunakan simbol (flowchart) | · Algoritma Pemrograman · Flowchart | 12 | · Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang alur logika pemrograman komputer. · Mengumpulkan data tentang penerapan alur logika pemrograman komputer. · Mengolah data tentang penerapan alur logika pemrograman komputer. · Mengomunikasikan tentang penerapan alur logika pemrograman komputer. | Pengetahuan: · Tes Tertulis Keterampilan: · Observasi |
3.2 Memahami perangkat lunak bahasa pemrograman 4.2 Melakukan Instalasi perangkat lunak bahasa pemrograman | 3.2.1 Menjelaskan berbagai perangkat lunak bahasa pemrograman komputer 3.2.2 Menjelaskan prosedur instalasi berbagai perangkat lunak bahasa pemrograman komputer 3.2.3 Mengoperasikan prosedur instalasi berbagai perangkat lunak bahasa pemrograman komputer 4.2.1 Menginstalasi perangkat lunak bahasa pemrograman 4.2.2 Menguji hasil instalasi perangkat lunak bahasa pemrograman | · Perangkat lunak bahasa pemrograman komputer · Menginstalasi perangkat lunak bahasa pemrograman komputer · Menguji hasil instalasi perangkat lunak bahasa pemrograman komputer | 12 | · Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang berbagai perangkat lunak bahasa pemrograman komputer, prosedur instalasi, dan pengujian hasil instalasi. · Mengumpulkan data tentang berbagai perangkat lunak bahasa pemrograman komputer, prosedur instalasi, dan pengujian hasil instalasi · Mengolah data tentang berbagai perangkat lunak bahasa pemrograman komputer, prosedur instalasi, dan pengujian hasil instalasi. · Mengomunikasikan tentang berbagai perangkat lunak bahasa pemrograman komputer, prosedur instalasi, dan pengujian hasil instalasi. | Pengetahuan: · Tes Tertulis Keterampilan: · Observasi |
3.3 Menerapkan alur pemrograman dengan struktur bahasa pemrograman komputer 4.3 Menulis kode pemrogram sesuai dengan aturan dan sintaks bahasa pemrograman | 3.3.1 Mengoperasikan editor untuk lingkungan kerja perangkat lunak bahasa pemrograman komputer 3.3.2 Menerapkan struktur penulisan kode/perintah program pada bahasa pemrograman komputer 3.3.3 Menerapkan prosedur menjalankan dan menguji kode program pada bahasa pemrograman komputer 4.3.1 Membuat kode program sederhana menggunakan bahasa pemrograman komputer 4.3.2 Menguji kode program pada bahasa pemrograman komputer | · Editor, lingkungan kerja bahasa pemrograman komputer · Struktur program bahasa pemrograman komputer · Menguji kode program bahasa pemrograman komputer | 12 | · Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang editor/lingkungan kerja, struktur program, pengujian bahasa pemrograman komputer. · Mengumpulkan data tentang editor/lingkungan kerja, struktur program, pengujian bahasa pemrograman komputer · Mengolah data tentang editor/lingkungan kerja, struktur program, pengujian bahasa pemrograman komputer. · Mengomunikasikan tentang editor/lingkungan kerja, struktur program, pengujian bahasa pemrograman komputer. | Pengetahuan: · Tes Tertulis Keterampilan: · Penilaian Unjuk Kerja · Observasi |
3.4 Menerapkan penggunaan tipe data, variabel, konstanta, operator, dan ekspresi 4.4 Membuat kode program dengan tipe data, variabel, konstanta, operator dan ekspresi | 3.4.1 Menjelaskan berbagai tipe data dan sintak penulisan 3.4.2 Menjelaskan variabel dan dan sintak penulisan 3.4.3 Menjelaskan berbagai operator dan sintak penulisan 3.4.4 Menjelaskan ekspresi dan sintak penulisan 3.4.5 Menerapkan berbagai tipe data, variabel, konstanta, operator, dan ekspresi sesuai dengan permasalahan yang akan diselesaikan dengan program 4.4.1 Membuat aplikasi program yang menerapkan tipe data, variabel/konstanta 4.4.2 Membuat aplikasi program yang menerapkan tipe data, variabel/konstanta, operator, ekspresi | · Tipe data · Variabel · Konstanta · Operator · Ekspresi | 4 | · Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang penggunaan tipe data, variabel, konstanta, operator, dan ekspresi. · Mengumpulkan data tentang penggunaan tipe data, variabel, konstanta, operator, dan ekspresi · Mengolah data tentang penggunaan tipe data, variabel, konstanta, operator, dan ekspresi pemrograman komputer. · Mengomunikasikan tentang penggunaan tipe data, variabel, konstanta, operator, dan ekspresi. | Pengetahuan: · Tes Tertulis Keterampilan: · Penilaian Unjuk Kerja · Observasi |
3.5 Menerapkan operasi aritmatika dan logika 4.5 Membuat kode program dengan operasi aritmatika dan logika | 3.5.1 Menjelaskan operator aritmatika 3.5.2 Menjelaskan operator logika 3.5.3 Menerapkan operasi aritmatika dan logika untuk menyelesaikan masalah perhitungan aritmatika dan logika 4.5.1 Membuat aplikasi operasi aritmatika 4.5.2 Membuat aplikasi operasi logika | · Operator aritmatika · Operator logika · Operasi aritmatika · Operasi logika | 8 | · Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang operasi aritmatika dan logika. · Mengumpulkan data tentang operasi aritmatika dan logika · Mengolah data tentang operasi aritmatika dan logika. · Mengomunikasikan tentang operasi aritmatika dan logika. | Pengetahuan: · Tes Tertulis Keterampilan: · Penilaian Unjuk Kerja · Observasi |
3.6 Menerapkan struktur kontrol Percabangan dalam bahasa pemrograman 4.6 Membuat kode program struktur kontrol percabangan | 3.6.1 Menjelaskan statement/perintah untuk kontrol percabangan 3.6.2 Menerapkan statement/perintah untuk kontrol percabangan tidak bersyarat 3.6.3 Menerapkan statement/perintah untuk kontrol percabangan sederhana 3.6.4 Menerapkan statement/perintah untuk kontrol percabangan bertingkat 3.6.5 Menerapkan statement/perintah untuk kontrol percabangan bersarang 4.6.1 Membuat aplikasi percabangan tidak bersyarat 4.6.2 Membuat aplikasi percabangan sederhana 4.6.3 Membuat aplikasi percabangan bertingkat 4.6.4 Membuat aplikasi percabangan bersarang | · Struktur percabangan · Percabangan tidak bersyarat · Percabangan sederhana · Percabangan bertingkat · Percabangan bersarang | 12 | · Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang struktur kontrol Percabangan dalam bahasa pemrograman. · Mengumpulkan data tentang struktur kontrol Percabangan dalam bahasa pemrograman · Mengolah data tentang struktur kontrol Percabangan dalam bahasa pemrograman. · Mengomunikasikan tentang struktur kontrol Percabangan dalam bahasa pemrograman | Pengetahuan: · Tes Tertulis Keterampilan: · Penilaian Unjuk Kerja · Observasi |
3.7 Menerapkan struktur kontrol Perulangan dalam bahasa pemrograman 4.7 Membuat kode program struktur kontrol perulangan | 3.7.1 Menjelaskan statement/perintah untuk perulangan 3.7.2 Menerapkan statement/perintah untuk kontrol perulangan sederhana 3.7.3 Menerapkan statement/perintah untuk kontrol perulangan bersarang 4.7.1 Membuat aplikasi perulangan sederhana 4.7.2 Membuat aplikasi perulangan bersarang | · Struktur perulangan · Perulangan sederhana · Perulangan bertingkat · Perulangan bersarang | 12 | · Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang struktur kontrol Perulangan dalam bahasa pemrograman · Mengumpulkan data tentang struktur kontrol Perulangan dalam bahasa pemrograman · Mengolah data tentang struktur kontrol Perulangan dalam bahasa pemrograman · Mengomunikasikan tentang struktur kontrol Perulangan dalam bahasa pemrograman | Pengetahuan: · Tes Tertulis Keterampilan: · Penilaian Unjuk Kerja · Observasi |
Mengetahui : Kendal, 13 Juli 2018
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Komentar
Posting Komentar