RPP PD X/I 3.2 dan 4.2


Tutorial Debian 5.0 || Modul Guru Pembelajar  || Tutorial Mikrotik || Jaringan Dasar || Tips dan Trik || Kurukulum 2013 KIKD dan SILABUS || Pemrograman Dasar || Komputer dan Jaringan Dasar || Simulasi dan Komunikasi Digital || Administrasi Infrastruktur Jaringan || Dasar Desain Grafis || Administrasi Sistem Jaringan || Teknologi Layanan Jaringan || Lain-lain || RULE-UPDATE-SARAN || Contact Person

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

A.  Identitas Program Pendidikan
NamaSekolah
:
SMK 
Mata Pelajaran
:
Pemrograman Dasar
Komp. Keahlian
:
Teknik Komputer Jaringan (3 Tahun)
Kelas/Semester
:
X / I (Satu)
Tahun Pelajaran
:
2018/2019
Alokasi Waktu
:
12 x 45 Menit



B.  Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Kompetensi Inti
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Informatika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

4. Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Informatika. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.

Kompetensi Dasar
3.2      Memahami bahasa pemrograman
4.2     Melakukan Instalasi bahasa pemrograman





C.  Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator KD pada KI pengetahuan
1.      Menjelaskan berbagai perangkat lunak bahasa pemrograman komputer
2.      Menjelaskan prosedur instalasi berbagai perangkat lunak bahasa pemrograman komputer
3.      Mengoperasikan  prosedur instalasi berbagai perangkat lunak bahasa pemrograman komputer

Indikator KD pada KI keterampilan
1.      Menjelaskan berbagai perangkat lunak bahasa pemrograman komputer
2.      Menjelaskan prosedur instalasi berbagai perangkat lunak bahasa pemrograman komputer
3.      Mengoperasikan  prosedur instalasi berbagai perangkat lunak bahasa pemrograman komputer

D.  Tujuan Pembelajaran
Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik akan dapat:
1.      Menjelaskan berbagai perangkat lunak bahasa pemrograman komputer
2.      Menjelaskan prosedur instalasi berbagai perangkat lunak bahasa pemrograman komputer
3.      Mengoperasikan  prosedur instalasi berbagai perangkat lunak bahasa pemrograman komputer

Setelah mempraktikan, peserta didik akan dapat:
1.      Menjelaskan berbagai perangkat lunak bahasa pemrograman komputer
2.      Menjelaskan prosedur instalasi berbagai perangkat lunak bahasa pemrograman komputer
3.      Mengoperasikan  prosedur instalasi berbagai perangkat lunak bahasa pemrograman komputer

E.  Materi Pembelajaran
Perangkat lunak bahasa pemrograman komputer
Perangkat lunak atau peranti lunak (bahasa Inggris: software) adalah istilah khusus untuk data yang diformat, dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca, dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.
Pembuatan perangkat lunak itu sendiri memerlukan "bahasa pemrograman" yang ditulis oleh seorang pemrogram untuk selanjutnya dikompilasi dengan aplikasi kompiler sehingga menjadi kode yang bisa dikenali oleh mesin hardware. Perangkat lunak seperti Windows atau Linux bisa disebut sebagai nyawa dari komputer, di mana tanpa diinstal sistem operasi tersebut maka komputer tidak dapat dijalankan.
Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer, adalah instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.
Menurut tingkat kedekatannya dengan mesin komputer, bahasa pemrograman terdiri dari:
1. Bahasa Mesin, yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner, contohnya 01100101100110
2. Bahasa Tingkat Rendah, atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan (bah.Inggris Assembly), yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat (kode mnemonic), contohnya kode_mesin|MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, dsb.
3. Bahasa Tingkat Menengah, yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia (lihat contoh Bahasa Tingkat Tinggi di bawah) dan instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<, >>, &&, ||, dsb.
4. Bahasa Tingkat Tinggi, yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or, dsb. Komputer dapat mengerti bahasa manusia itu diperlukan program compiler atau interpreter.
Sebagian besar bahasa pemrograman digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Tinggi, hanya bahasa C yang digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Menengah dan Assembly yang merupakan Bahasa Tingkat Rendah.
• Menginstalasi perangkat lunak bahasa pemrograman komputer
BCC55 ini merupakan command line compiler yang berfungsi untuk menjadikan baris perintah Bahasa C menjadi aplikasi yang bisa di eksekusi, jika diwindows biasanya di akhiri dengan extensi .exe
Cara Install BCC55 (windows):
Step 1 : Download compiler BCC55 (http://altd.embarcadero.com/download/bcppbuilder/freecommandLinetools.exe). Kemudian double click. Setelah itu akan menampilkan windows setupnya kemudian klik next.
Step 2 : isikan "installation folder" dengan C:\\BCC55\, kemudian klik finish.
Step 3 : coba cek directory sesuai installation folder, didalamnya terdapat folder bin, folder ini berisi compiler dari Bahasa C dengan nama bcc32.exe.
Step 4 : buka notepad dan buat file cfg pada folder "Bin" C:\\BCC55\Bin\ dengan nama bcc32.cfg. File ini berfungsi untuk menyertakan path “Include” dan “Lib” saat bcc32.exe dipanggil. Isi file tersebut dengan kode perintah berikut:
-I"C:\BCC55\Include\"
-L"C:\BCC55\Lib\"
Step 5 : done... compiler Bahasa C sudah siap digunakan.
• Menguji hasil instalasi perangkat lunak bahasa pemrograman komputer
Step 1 : buka notepad dan buat file hallo.c dengan code berikut pada directory bin C:\BCC55\Bin\:
#include
int main() {
    printf("hallo world!!!");
    return 0;
}
Step 2 : Buka command prompt. dengan cara pilih start kemudian pilih run, ketikan “cmd” kemudian ok.
Step 3 : arahkan aktif direktori ke “C:\BCC55\Bin\” dengan cara ketik perintah berikut di command prompt : cd \BCC55\Bin\
Step 4 : kemudian ketikan perintah berikut pada command prompt: bcc32 hallo.c, untuk menjadikannya menjadi sebuah program (.exe).
Step 5 : done... coba jalankan dengan mengetikan hallo.

F.   Pendekatan, Model dan Metode
Pendekatan pembelajaran
:
Saintifik
Model Pembelajaran
:
Discovery Learning
Metode
:
Diskusi

G. Kegiatan Pembelajaran
1.    Pertemuan Kesatu:
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
Guru mengkondisikan kesiapan peserta didik dalam proses KBM:
·      Memberi salam
·      Berdoa
·      Menanyakan kabar peserta didik (kenyamanan dan kesiapan peserta didik dalam belajar)
·      Mengecek kehadiran peserta didik
Guru menyampaikan KI, KD, IPK, tujuan pembelajaran dan materi pokok pembelajaran
Menyampaikan cakupan materi dan urutan kegiatan
Apersepsi berupa gambaran umum aplikasi materi terhadap realisasinya dalam pekerjaan
Memberikan penjelasan tentang pentingnya penerapan K3 dalam menggunakan Perangkat Keras dan Perangkat Lunak
Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
15 menit
Stimulation

Mengamati
Guru meminta peserta didik untuk membaca buku tentang Perangkat lunak bahasa pemrograman komputer (Literasi)
Peserta didik membaca buku tentang Perangkat lunak bahasa pemrograman komputer
11 x 45 Menit
Pernyataan / Identifikasi masalah (Problem Statement)
Menanya
Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik terkait Perangkat lunak bahasa pemrograman komputer
Peserta didik menjawab pertanyaan terkait Perangkat lunak bahasa pemrograman komputer
Pengumpulan data (Data Collection)

Mengumpulkan informasi
Guru meminta peserta didik untuk mencari informasi Perangkat lunak bahasa pemrograman komputer
Peserta didik menggali informasi Perangkat lunak bahasa pemrograman komputer
Peserta didik menyampaikan hasil dan kelompok lain menganggapi terkait Perangkat lunak bahasa pemrograman komputer
Pembuktian (Data processing dan Verification)
Menalar
Guru menugaskan peserta didik untuk berdiskusi dalam kelompok tentang Perangkat lunak bahasa pemrograman komputer
Peserta didik berdiskusi tentang Perangkat lunak bahasa pemrograman komputer
Menarik simpulan / generalisasi (Generalization)
Mengkomunikasikan
Guru dan Peserta didik menyimpulkan tentang Perangkat lunak bahasa pemrograman komputer

Penutup
Guru melakukan evaluasi pelajaran yang telah dilaksanakan
Guru merefleksikan kegiatan KBM yang sudah dilakukan
Guru menginformasikan hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk pertemuan berikutnya
Guru mengkondisikan peserta didik dan kelas sebelum pelajaran diakhiri
·      Cek kebersihan
·      Cek jumlah peserta didik
·      Berdoa
·      Salam
30 menit



H.  Media, Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
Media
:
Powepoint Office 2010, Internet, Video Dokumenter
Alat
:
LCD Proyektor, Whiteboard, Spidol, Smartphone
Bahan
:
PC dan software programming



I.     Sumber Belajar
Sumber Belajar
:
"Algoritma dan Pemrograman dalam Bagasa Pascal dan C", Rinaldi Munir, Informatika, 2004

J.    Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan
1.    Instrumen dan Teknik Penilaian
a.     Teknik Penilaian
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Pengetahuan
Tertulis
Saat pembelajaran
2.
Ketrampilan
Penugasan
Saat pembelajaran/ Setelah pembelajaran
3.

Sikap
Penilaian diri/ Observasi
Saat pembelajaran/ Setelah pembelajaran

b.     Instrumen Penilaian
1)        Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dengan tes tertulis
No
Pertanyaan
Bobot
1.
1.     

Nilai Akhir (NA)
100



Kunci Jawaban
No
Jawaban
1.


Kriterian penilaian
No
Jawaban
1.
Skor 0 bila tidak menjawab
Skor 30 bila jawaban salah
Skor 50 bila jawaban kurang benar
Skor 75 bila jawaban mendekati benar
Skor 100 bila jawaban benar


2)        Ketrampilan
Penilaian ketrampilan dengan praktik tentang  Menginstalasi dan menguji hasil perangkat lunak bahasa pemrograman komputer
No
Aspek
Rentang Skor
1.
Persiapan
20
2.
Proses
50
3.
Hasil
20
4.
Waktu
10

Nilai Akhir (NA)
100

3)        Sikap     
 Penilaian Sikap melalui Penilaian Diri
No
Aspek  Pengamatan
TP
KD
SR
SL
1.
Saya berdoa sebelum belajar




2.
Saya bersemangat mengikuti pelajaran




3.
Saya mengerjakan sendiri ulangan harian/tugas




4.
Saya terlibat aktif dalam bekerja menyelesaikan tugas kelompok




Keterangan :
1  = TP  : Tidak pernah
2  = KD : Kadang – kadang
3  = SR  : Sering
4  = SL  : Selalu
Pedoman penilaian

Nilai Akhir :
3,51 – 4,00 : Sangat Baik (SB)
2,51 – 3,50 : Baik (B)
1,51 – 2,50 : Cukup (C)
1,00 – 1,50 : Kurang (K)

2.    Analisis Hasil Penilaian
§  Analisis hasil penilaian diadakan setelah diadakan tes formatif
§  Hasil analisis penilaian menentukan perlu tidaknya diadakan remedial atau pengayaan

3.    Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
§  Bagi peserta didik yang memperoleh nilai kurang dari 75 diadakan remedi.
§  Apabila jumlah peserta didik yang remidi 75% atau lebih maka diadakan pembelajaran remedial.
§  Bagi peserta didik yang memperoleh nilai 75 atau lebih maka diadakan pengayaan.

Mengetahui,
Kepala  Sekolah

Kendal, 13 Juli 2018
Guru Mata Pelajaran



Komentar