RPP KJD X/1 3.3 dan 4.3


Tutorial Debian 5.0 || Modul Guru Pembelajar  || Tutorial Mikrotik || Jaringan Dasar || Tips dan Trik || Kurukulum 2013 KIKD dan SILABUS || Pemrograman Dasar || Komputer dan Jaringan Dasar || Simulasi dan Komunikasi Digital || Administrasi Infrastruktur Jaringan || Dasar Desain Grafis || Administrasi Sistem Jaringan || Teknologi Layanan Jaringan || Lain-lain || RULE-UPDATE-SARAN || Contact Person



 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

A.  Identitas Program Pendidikan
NamaSekolah
:

Mata Pelajaran
:
Komputer dan Jaringan Dasar
Komp. Keahlian
:
Teknik Komputer Jaringan (3 Tahun)
Kelas/Semester
:
X / I (Satu)
Tahun Pelajaran
:
2018/2019
Alokasi Waktu
:
6 x 45 Menit



B.  Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Kompetensi Inti
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Jaringan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional

4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Komputer dan Jaringan. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

Kompetensi Dasar
3.3 Menerapkan pengujian perakitan komputer
4.3 Menguji kinerja komputer





C.  Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator KD pada KI pengetahuan
1.      Menentukan cara pengujian hasil perakitan komputer
2.      Mengurutkan langkah-langkah pengujian hasil perakitan komputer

Indikator KD pada KI keterampilan
1.      melakukan pengujian hasil perakitan komputer
2.      Membuat laporan pengujian kinerja komputer

D.  Tujuan Pembelajaran
Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik akan dapat:
1.      Menentukan cara pengujian hasil perakitan komputer
2.      Mengurutkan langkah-langkah pengujian hasil perakitan komputer

Setelah mempraktikan, peserta didik akan dapat:
1.      melakukan pengujian hasil perakitan komputer
2.      Membuat laporan pengujian kinerja komputer

E.  Materi Pembelajaran
Proses POST
Power-on Self Test (disingkat menjadi POST) adalah sekumpulan rutin-rutin khusus yang dijalankan selama proses booting komputer pribadi/PC yang disimpan di dalam ROM. Rutin-rutin ini didesain untuk melakukan pengujian terhadap kesehatan sistem komputer, apakah komponen berjalan dengan benar sebelum BIOS memulai sistem operasi. Yang dilakukannya adalah mengecek jumlah RAM, keyboard, dan perangkat media penyimpanan (disk drive). Jika sebuah kesalahan terdeteksi oleh POST, maka sistem umumnya akan menampilkan beberapa kode kesalahan, yang dinyatakan dengan bunyi-bunyian (atau beep) yang menunjukkan letak kesalahannya namun selain bunyi beep komputer jga bisa mengeluarkan peringatan pada layar monitor dengan berupa teks. biasanya peringatan berupa teks pada monitor lebih mudah dipahami oleh user. Setiap kesalahan memiliki pola bunyi beep-nya sendiri-sendiri, dan berbeda antar BIOS yang digunakan.

Langkah-langkah melakukan pengujian hasil perakitan komputer
1.      Hidupkan monitor lalu unit sistem. Perhatikan tampilan monitor dan suara dari speaker.
2.      Program FOST dari BIOS secara otomatis akan mendeteksi hardware yang terpasang dikomputer. Bila terdapat kesalahan maka tampilan monitor kosong dan speaker mengeluarkan bunyi beep secara teratur sebagai kode indikasi kesalahan. Periksa referensi kode BIOS untuk mengetahui indikasi kesalahan yang dimaksud oleh kode beep.
3.      Jika tidak terjadi kesalahan maka monitor menampilkan proses eksekusi dari program POST. ekan tombol interupsi BIOS sesuai petunjuk di layar untuk masuk ke program setup BIOS.
4.      Periksa semua hasil deteksi hardware oleh program setup BIOS. Beberapa seting mungkin harus dirubah nilainya terutama kapasitas hardisk dan boot sequence.
5.      Simpan perubahan seting dan keluar dari setup BIOS. 

Jenis beep code
1. Kerusakan, Bunyi Beep panjang berulang kali
Apabila indikasinya adalah bunyi beep panjang pada saat melakukan boot (hidupkan) komputer dan lampu power monitor serta lampu power CPU sudah dalam keadaan ON namun pada monitor tidak bisa menampilkan gambar atau tidak muncul apa-apa (blank screen), maka sudah dapat dipastikan bahwa ada masalah yang terjadi pada memori komputer (RAM). Atau Kerusakan/kesalahan Pada DRAM, DRAM tidak terpasang dengan benar, atau DRAM tidak kompatibel dengan mainboard,perhatikan pci pada DRAM yang di pasang. Solusi untuk kerusakan ini yaitu sebagai berikut. Untuk mengatasi masalah seperti bunyi beep panjang tersebut maka perlu dilakukan pembongkaran CPU (Central Processing Unit) untuk membersihkan kuningan pada kepingmasalah yang terjadi pada memori komputer (RAM). Atau Kerusakan/kesalahan Pada DRAM, DRAM tidak terpasang dengan benar, atau DRAM tidak kompatibel dengan mainboard,perhatikan pci pada DRAM yang di pasang. Solusi untuk kerusakan ini yaitu sebagai berikut. Untuk mengatasi masalah seperti bunyi beep panjang tersebut maka perlu dilakukan pembongkaran CPU (Central Processing Unit) untuk membersihkan kuningan pada keping memori atau dapat juga dengan mengganti memori lama dengan memori yang baru.

2. Kerusakan, Bunyi Beep panjang diikuti dengan bunyi pendek
Dari mendengar bunyi yang dihasilkan berupa bunyi beep panjang dan pendek serta pada monitor tidak menampilkan apa-apa, biasanya kerusakan terjadi pada display adapter, lebih sering disebut VGA card, baik .Solusinya yaitu apabila terjadi kerusakan pada VGA card maka tindakan penyelamatan adalah melakukan pembersihan pada VGA card tepatnya pada bagian kuningan yang terkoneksi ke mainboard apabila menggunakan VGA card Not Onboard. Apabila menggunakan VGA Card On Board maka caranya harus memasang sebuah VGA pengganti pada slot VGA yang tersedia baik pada slot PCI, AGP atu PCI Express.
Selain Itu, Untuk mengetahui jenis kerusakan atau permasalahan yang sering terjadi pada komputer ketika dinyalakan, dapat dikenali melalui bunyi beep yang muncul pada speaker mainboard pada saat pertama kali komputer dihidupkan.
Dengan mengenal bunyi beep pada tiap motherboard kita dapat mengetahui kerusakan atau masalah pada motherboard. Diantaranya :
a. Mainboard dengan BIOS Award dan BIOS Phoenix :
-          Bunyi beep pendek 1 kali : Sistem Normal.
-          Bunyi beep pendek 2 kali : Kerusakan/kesalahan pada CMOS.
-          Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 1 kali : Kerusakan/kesalahan pada DRAM/ram atau terjadi short ram.
-          Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 2 kali : Kerusakan/kesalahan pada VGA Card/sering terjadi bila menggunakan vga onboard.
-          Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 3 kali : Kerusakan/kesalahan pada keyboard atau pada VGA Card,sering ditandai dengan tidak menyalanya lampu led pada keyboard.
-          Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 9 kali : Kerusakan/kesalahan pada ROM
-          Bunyi beep panjang berkali-kali : Kerusakan/kesalahan Pada DRAM, DRAM tidak terpasang dengan benar, atau DRAM tidak kompatibel dengan mainboard,perhatikan pci pada DRAM yang di pasang
-          Bunyi beep pendek berkali-kali : Tenaga pada power supply tidak cukup, segera ganti power supply atau periksa kabel-kabel power supply.
b. Mainboard dengan BIOS AMI :
-          Tidak ada bunyi beep : Kerusakan/kesalahan pada mainboard, powersupply, atau speaker internal.
-          Bunyi beep pendek 1 kali : Sistem normal.
-          Bunyi beep pendek 2 kali : Kerusakan/kesalahan pada DRAM.
-          Bunyi beep pendek 3 kali : Kerusakan/kesalahan yang sama dengan bunyi bip pendek 2 kali.
-          Bunyi beep pendek 4 kali : Kesalahan tanggal dan waktu pada sistem.
-          Bunyi beep pendek 5 kali : Kerusakan pada prosesor/mainboard.
-          Bunyi beep pendek 6 kali : Kerusakan/kesalahan pada keyboard.
-          Bunyi beep pendek 7 kali : Kerusakan/kesalahan yang sama dengan bunyi bip pendek 5 kali.
-          Bunyi beep pendek 8 kali : Kerusakan/kesalahan pada VGA.
-          Bunyi beep pendek 9 kali : Kesalahan pada saat checksum rom.
-          Bunyi beep pendek 10 kali : Kerusakan/kesalahan pada CMOS.
-          Bunyi beep pendek 11 kali : Kerusakan/kesalahan pada Cache Memory.
-          Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 3 kali : Kesalahan pada saat memory test.
-          Bunyi beep panjang 1 kali dan pendek 8 kali : Kesalah pada saat pengecekan VGA.

c. Semua type Motherboard
-          kalau ada Bunyi Beeb pendek 1 x , itu tandanya komputer baik-baik saja
-          kalau bunyi Beep… panjang 1x, masalah pada Hardisk.
-          Beep.. panjang 1x trus Beeb pndek 1x, Motherboardnya bermasalah.
-          Beeb.. panjang 1x terus Beeb pendek 2x, VGAnya bermasalah.
-          Beep Panjang 3x, Keyboardnya error
-          Beep, Beep (pendek) terus2an, coba periksa Power supplynya
-          Beep… Panjang terus2an, berarti ada masalah pada Memorinya.

F.   Pendekatan, Model dan Metode
Pendekatan pembelajaran
:
Saintifik
Model Pembelajaran
:
Discovery Learning
Metode
:
Diskusi

G. Kegiatan Pembelajaran
1.    Pertemuan Kesatu:
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
Guru mengkondisikan kesiapan peserta didik dalam proses KBM:
·      Memberi salam
·      Berdoa
·      Menanyakan kabar peserta didik (kenyamanan dan kesiapan peserta didik dalam belajar)
·      Mengecek kehadiran peserta didik
Guru menyampaikan KI, KD, IPK, tujuan pembelajaran dan materi pokok pembelajaran
Menyampaikan cakupan materi dan urutan kegiatan
Apersepsi berupa gambaran umum aplikasi materi terhadap realisasinya dalam pekerjaan
Memberikan penjelasan tentang pentingnya penerapan K3 dalam menggunakan Perangkat Keras dan Perangkat Lunak
Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
15 menit
Stimulation

Mengamati
Guru meminta peserta didik untuk membaca buku tentang Proses POST (Literasi)
Peserta didik membaca buku tentang Proses POST
5 x 45 Menit
Pernyataan / Identifikasi masalah (Problem Statement)
Menanya
Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik terkait Proses POST
Peserta didik menjawab pertanyaan terkait Proses POST
Pengumpulan data (Data Collection)

Mengumpulkan informasi
Guru meminta peserta didik untuk mencari informasi Proses POST
Peserta didik menggali informasi Proses POST
Peserta didik menyampaikan hasil dan kelompok lain menganggapi terkait Proses POST
Pembuktian (Data processing dan Verification)
Menalar
Guru menugaskan peserta didik untuk berdiskusi dalam kelompok tentang Proses POST
Peserta didik berdiskusi tentang Proses POST
Menarik simpulan / generalisasi (Generalization)
Mengkomunikasikan
Guru dan Peserta didik menyimpulkan tentang Proses POST
Penutup
Guru melakukan evaluasi pelajaran yang telah dilaksanakan
Guru merefleksikan kegiatan KBM yang sudah dilakukan
Guru menginformasikan hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk pertemuan berikutnya
Guru mengkondisikan peserta didik dan kelas sebelum pelajaran diakhiri
·      Cek kebersihan
·      Cek jumlah peserta didik
·      Berdoa
·      Salam
30 menit



H.  Media, Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
Media
:
Powepoint Office 2010, Internet, Video Dokumenter
Alat
:
LCD Proyektor, Whiteboard, Spidol, Smartphone
Bahan
:
Hardware dan Software pendukung perakitan dan instalasi SO dan aplikasi



I.     Sumber Belajar
Sumber Belajar
:
Ebook: "Perakitan Komputer Kelas X Semester 1", 2013, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

J.    Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan
1.    Instrumen dan Teknik Penilaian
a.     Teknik Penilaian
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Pengetahuan
Tertulis
Saat pembelajaran
2.
Ketrampilan
Penugasan
Saat pembelajaran/ Setelah pembelajaran
3.

Sikap
Penilaian diri/ Observasi
Saat pembelajaran/ Setelah pembelajaran

b.     Instrumen Penilaian
1)        Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dengan tes tertulis
No
Pertanyaan
Bobot
1.
1.     

Nilai Akhir (NA)
100



Kunci Jawaban
No
Jawaban
1.


Kriterian penilaian
No
Jawaban
1.
Skor 0 bila tidak menjawab
Skor 30 bila jawaban salah
Skor 50 bila jawaban kurang benar
Skor 75 bila jawaban mendekati benar
Skor 100 bila jawaban benar


2)        Ketrampilan
Penilaian ketrampilan dengan praktik tentang  Langkah-langkah melakukan pengujian hasil perakitan komputer dan prosedur pembuatan laporan perakitan komputer
No
Aspek
Rentang Skor
1.
Persiapan
20
2.
Proses
50
3.
Hasil
20
4.
Waktu
10

Nilai Akhir (NA)
100

3)        Sikap     
 Penilaian Sikap melalui Penilaian Diri
No
Aspek  Pengamatan
TP
KD
SR
SL
1.
Saya berdoa sebelum belajar




2.
Saya bersemangat mengikuti pelajaran




3.
Saya mengerjakan sendiri ulangan harian/tugas




4.
Saya terlibat aktif dalam bekerja menyelesaikan tugas kelompok




Keterangan :
1  = TP  : Tidak pernah
2  = KD : Kadang – kadang
3  = SR  : Sering
4  = SL  : Selalu
Pedoman penilaian


Nilai Akhir :
3,51 – 4,00 : Sangat Baik (SB)
2,51 – 3,50 : Baik (B)
1,51 – 2,50 : Cukup (C)
1,00 – 1,50 : Kurang (K)

2.    Analisis Hasil Penilaian
§  Analisis hasil penilaian diadakan setelah diadakan tes formatif
§  Hasil analisis penilaian menentukan perlu tidaknya diadakan remedial atau pengayaan




3.    Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
§  Bagi peserta didik yang memperoleh nilai kurang dari 75 diadakan remedi.
§  Apabila jumlah peserta didik yang remidi 75% atau lebih maka diadakan pembelajaran remedial.
§  Bagi peserta didik yang memperoleh nilai 75 atau lebih maka diadakan pengayaan.

Mengetahui,
Kepala  Sekolah

Kendal, 13 Juli 2018
Guru Mata Pelajaran







Komentar