RPP KJD X/1 3.7 dan 4.7
Tutorial Debian 5.0 || Modul Guru Pembelajar || Tutorial Mikrotik || Jaringan Dasar || Tips dan Trik || Kurukulum 2013 KIKD dan SILABUS || Pemrograman Dasar || Komputer dan Jaringan Dasar || Simulasi dan Komunikasi Digital || Administrasi Infrastruktur Jaringan || Dasar Desain Grafis || Administrasi Sistem Jaringan || Teknologi Layanan Jaringan || Lain-lain || RULE-UPDATE-SARAN || Contact Person
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Identitas Program Pendidikan
| NamaSekolah | : | SMK BHAKTI NUSANTARA |
| Mata Pelajaran | : | Komputer dan Jaringan Dasar |
| Komp. Keahlian | : | Teknik Komputer Jaringan (3 Tahun) |
| Kelas/Semester | : | X / I (Satu) |
| Tahun Pelajaran | : | 2018/2019 |
| Alokasi Waktu | : | 3 x 45 Menit |
| | | |
B. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
| Kompetensi Inti 3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Jaringan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional |
| |
| 4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Komputer dan Jaringan. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung |
| Kompetensi Dasar |
| 3.7 Menerapkan instalasi software aplikasi |
| 4.7 Menginstalasi software aplikasi |
| |
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
| Indikator KD pada KI pengetahuan 1. Menjelaskan jenis dan fungsi software aplikasi 2. Menentukan jenis software aplikasi yang akan diinstal sesuai dengan kebutuhan 3. Mengurutkan langkah-langkah melakukan instalasi software aplikasi |
| |
| Indikator KD pada KI keterampilan 1. Melakukan instalasi software aplikasi sesuai dengan kebutuhan 2. Membuat laporan hasil instalasi software aplikasi |
| |
D. Tujuan Pembelajaran
| Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik akan dapat: 1. Menjelaskan jenis dan fungsi software aplikasi 2. Menentukan jenis software aplikasi yang akan diinstal sesuai dengan kebutuhan 3. Mengurutkan langkah-langkah melakukan instalasi software aplikasi |
| |
| Setelah mempraktikan, peserta didik akan dapat: 1. Melakukan instalasi software aplikasi sesuai dengan kebutuhan 2. Membuat laporan hasil instalasi software aplikasi |
| |
E. Materi Pembelajaran
Software Aplikasi
Aplikasi perangkat lunak (bahasa Inggris: software application) adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tetapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, dan pemutar media.
Beberapa aplikasi yang digabung bersama menjadi suatu paket kadang disebut sebagai suatu paket atau suite aplikasi (application suite). Contohnya adalah Microsoft Office dan OpenOffice.org, yang menggabungkan suatu aplikasi pengolah kata, lembar kerja, serta beberapa aplikasi lainnya. Aplikasi-aplikasi dalam suatu paket biasanya memiliki antarmuka pengguna yang memiliki kesamaan sehingga memudahkan pengguna untuk mempelajari dan menggunakan tiap aplikasi. Sering kali, mereka memiliki kemampuan untuk saling berinteraksi satu sama lain sehingga menguntungkan pengguna. Contohnya, suatu lembar kerja dapat dibenamkan dalam suatu dokumen pengolah kata walaupun dibuat pada aplikasi lembar kerja yang terpisah.
Langkah-langkah instalasi software aplikasi
Menginstal Office 2010 32-bit (default)
1. Masukkan disk Office 2010 ke drive. Jika panduan penyetelan tidak mulai secara otomatis, navigasi ke disk drive dan klik PENYETELAN.EXE.
2. Jika tidak memiliki disk, Anda dapat mengunduh dan menginstal Office dengan kunci produk.
3. Saat diminta, masukkan kunci produk.
4. Masukkan kunci produk.
5. Jika memerlukan bantuan, lihat Menemukan kunci produk untuk Office 2010.
6. Baca dan terima Syarat Lisensi Perangkat Lunak Microsoft, lalu klik Lanjutkan.
7. Baca dan terima ketentuan lisensi
8. Ikuti perintah dan setelah menginstal Office, klik Tutup.
9. Setelah Office diisntal, klik Tutup.
10. Di Panduan Aktivasi, klik Saya ingin mengaktifkan perangkat lunak melalui internet, lalu ikuti perintah.
11. Aktifkan perangkat lunak melalui Internet
12. Anda perlu mengaktifkan Office agar program Office tetap berfungsi sepenuhnya. Jika tidak mengaktifkannya saat penginstalan, Anda dapat mengaktifkannya nanti dari aplikasi Office dengan mengklik File > Bantuan > Aktifkan Kunci Produk.
13. Untuk informasi selengkapnya, lihat Mengaktifkan program Office 2010.
F. Pendekatan, Model dan Metode
| Pendekatan pembelajaran | : | Saintifik |
| Model Pembelajaran | : | Discovery Learning |
| Metode | : | Diskusi |
G. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Kesatu:
| Kegiatan | Deskripsi | Alokasi Waktu |
| Pendahuluan | Guru mengkondisikan kesiapan peserta didik dalam proses KBM: · Memberi salam · Berdoa · Menanyakan kabar peserta didik (kenyamanan dan kesiapan peserta didik dalam belajar) · Mengecek kehadiran peserta didik Guru menyampaikan KI, KD, IPK, tujuan pembelajaran dan materi pokok pembelajaran Menyampaikan cakupan materi dan urutan kegiatan Apersepsi berupa gambaran umum aplikasi materi terhadap realisasinya dalam pekerjaan Memberikan penjelasan tentang pentingnya penerapan K3 dalam menggunakan Perangkat Keras dan Perangkat Lunak Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan | 15 menit |
| Stimulation | Mengamati Guru meminta peserta didik untuk membaca buku tentang Software Aplikasi (Literasi) Peserta didik membaca buku tentang Software Aplikasi | 2 x 45 Menit |
| Pernyataan / Identifikasi masalah (Problem Statement) | Menanya Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik terkait Software Aplikasi Peserta didik menjawab pertanyaan terkait Software Aplikasi | |
| Pengumpulan data (Data Collection) | Mengumpulkan informasi Guru meminta peserta didik untuk mencari informasi Software Aplikasi Peserta didik menggali informasi Software Aplikasi Peserta didik menyampaikan hasil dan kelompok lain menganggapi terkait Software Aplikasi | |
| Pembuktian (Data processing dan Verification) | Menalar Guru menugaskan peserta didik untuk berdiskusi dalam kelompok tentang Software Aplikasi Peserta didik berdiskusi tentang Software Aplikasi | |
| Menarik simpulan / generalisasi (Generalization) | Mengkomunikasikan Guru dan Peserta didik menyimpulkan tentang Software Aplikasi | |
| Penutup | Guru melakukan evaluasi pelajaran yang telah dilaksanakan Guru merefleksikan kegiatan KBM yang sudah dilakukan Guru menginformasikan hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk pertemuan berikutnya Guru mengkondisikan peserta didik dan kelas sebelum pelajaran diakhiri · Cek kebersihan · Cek jumlah peserta didik · Berdoa · Salam | 30 menit |
| | | |
H. Media, Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
| Media | : | Powepoint Office 2010, Internet, Video Dokumenter |
| Alat | : | LCD Proyektor, Whiteboard, Spidol, Smartphone |
| Bahan | : | Hardware dan Software pendukung perakitan dan instalasi SO dan aplikasi |
I. Sumber Belajar
| Sumber Belajar | : | Ebook: "Perakitan Komputer Kelas X Semester 1", 2013, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan |
J. Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan
1. Instrumen dan Teknik Penilaian
a. Teknik Penilaian
| No | Aspek yang dinilai | Teknik Penilaian | Waktu Penilaian |
| 1. | Pengetahuan | Tertulis | Saat pembelajaran |
| 2. | Ketrampilan | Penugasan | Saat pembelajaran/ Setelah pembelajaran |
| 3. | Sikap | Penilaian diri/ Observasi | Saat pembelajaran/ Setelah pembelajaran |
b. Instrumen Penilaian
1) Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dengan tes tertulis
| No | Pertanyaan | Bobot |
| 1. | 1. | |
| | Nilai Akhir (NA) | 100 |
| | | |
Kunci Jawaban
| No | Jawaban |
| 1. | |
| | |
Kriterian penilaian
| No | Jawaban |
| 1. | Skor 0 bila tidak menjawab Skor 30 bila jawaban salah Skor 50 bila jawaban kurang benar Skor 75 bila jawaban mendekati benar Skor 100 bila jawaban benar |
| | |
2) Ketrampilan
Penilaian ketrampilan dengan praktik tentang Langkah-langkah instalasi software aplikasi dan prosedur pembuatan laporan instalasi software aplikasi
| No | Aspek | Rentang Skor |
| 1. | Persiapan | 20 |
| 2. | Proses | 50 |
| 3. | Hasil | 20 |
| 4. | Waktu | 10 |
| | Nilai Akhir (NA) | 100 |
3) Sikap
Penilaian Sikap melalui Penilaian Diri
| No | Aspek Pengamatan | TP | KD | SR | SL |
| 1. | Saya berdoa sebelum belajar | | | | |
| 2. | Saya bersemangat mengikuti pelajaran | | | | |
| 3. | Saya mengerjakan sendiri ulangan harian/tugas | | | | |
| 4. | Saya terlibat aktif dalam bekerja menyelesaikan tugas kelompok | | | | |
Keterangan :
1 = TP : Tidak pernah
2 = KD : Kadang – kadang
3 = SR : Sering
4 = SL : Selalu
Pedoman penilaian
| |
Nilai Akhir :
3,51 – 4,00 : Sangat Baik (SB)
2,51 – 3,50 : Baik (B)
1,51 – 2,50 : Cukup (C)
1,00 – 1,50 : Kurang (K)
2. Analisis Hasil Penilaian
§ Analisis hasil penilaian diadakan setelah diadakan tes formatif
§ Hasil analisis penilaian menentukan perlu tidaknya diadakan remedial atau pengayaan
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
§ Bagi peserta didik yang memperoleh nilai kurang dari 75 diadakan remedi.
§ Apabila jumlah peserta didik yang remidi 75% atau lebih maka diadakan pembelajaran remedial.
§ Bagi peserta didik yang memperoleh nilai 75 atau lebih maka diadakan pengayaan.
| Mengetahui, Kepala Sekolah | | Kendal, 13 Juli 2018 Guru Mata Pelajaran |
| |
Komentar
Posting Komentar