RPP KJD X/1 3.4 dan 4.4
Tutorial Debian 5.0 || Modul Guru Pembelajar || Tutorial Mikrotik || Jaringan Dasar || Tips dan Trik || Kurukulum 2013 KIKD dan SILABUS || Pemrograman Dasar || Komputer dan Jaringan Dasar || Simulasi dan Komunikasi Digital || Administrasi Infrastruktur Jaringan || Dasar Desain Grafis || Administrasi Sistem Jaringan || Teknologi Layanan Jaringan || Lain-lain || RULE-UPDATE-SARAN || Contact Person
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Identitas Program Pendidikan
| NamaSekolah | : | SMK |
| Mata Pelajaran | : | Komputer dan Jaringan Dasar |
| Komp. Keahlian | : | Teknik Komputer Jaringan (3 Tahun) |
| Kelas/Semester | : | X / I (Satu) |
| Tahun Pelajaran | : | 2019/2020 |
| Alokasi Waktu | : | 3 x 45 Menit |
| | | |
B. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
| Kompetensi Inti 3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Jaringan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional |
| |
| 4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Komputer dan Jaringan. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung |
| Kompetensi Dasar |
| 3.4 Menerapkan konfigurasi BIOS pada komputer |
| 4.4 Melakukan seting BIOS |
| |
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
| Indikator KD pada KI pengetahuan 1. Menjelaskan komponen BIOS 2. Menentukan konfigurasi BIOS sesuai dengan kebutuhan |
| |
| Indikator KD pada KI keterampilan 1. Melakukan konfigurasi BIOS sebagai prasyarat penginstalasian sistem operasi 2. Melakukan pengujian hasil konfigurasi BIOS 3. Membuat laporan hasil konfigurasi BIOS |
| |
D. Tujuan Pembelajaran
| Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik akan dapat: 1. Menjelaskan komponen BIOS 2. Menentukan konfigurasi BIOS sesuai dengan kebutuhan |
| |
| Setelah mempraktikan, peserta didik akan dapat: 1. Melakukan konfigurasi BIOS sebagai prasyarat penginstalasian sistem operasi 2. Melakukan pengujian hasil konfigurasi BIOS 3. Membuat laporan hasil konfigurasi BIOS |
| |
E. Materi Pembelajaran
BIOS
BIOS, singkatan dari Basic Input Output System, dalam sistem komputer IBM PC atau kompatibelnya (komputer yang berbasis keluarga prosesor Intel x86) merujuk kepada kumpulan rutin perangkat lunak yang mampu melakukan hal-hal berikut:
1. Inisialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap perangkat keras (dalam proses yang disebut dengan Power On Self Test, POST)
2. Memuat dan menjalankan sistem operasi
3. Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer (tanggal, waktu, konfigurasi media penyimpanan, konfigurasi proses booting, kinerja, serta kestabilan komputer)
4. Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Services.
BIOS menyediakan antarmuka komunikasi tingkat rendah, dan dapat mengendalikan banyak jenis perangkat keras (seperti keyboard). Karena kedekatannya dengan perangkat keras, BIOS umumnya dibuat dengan menggunakan bahasa rakitan (assembly) yang digunakan oleh mesin yang bersangkutan.
Komponen BIOS
1. Program BIOS Setup yang memungkinkan pengguna untuk mengubah konfigurasi komputer (tipe harddisk, disk drive, manajemen daya listrik, kinerja komputer, dll) sesuai keinginan. BIOS menyembunyikan detail-detail cara pengaksesan perangkat keras yang cukup rumit apabila dilakukan secara langsung.
2. Driver untuk perangkat-perangkat keras dasar, seperti video adapter, perangkat input, prosesor, dan beberapa perangkat lainnya untuk sistem operasi dasar 16-bit (dalam hal ini adalah keluarga DOS).
3. Program bootstraper utama yang memungkinkan komputer dapat melakukan proses booting ke dalam sistem operasi yang terpasang.
Langkah-langkah konfigurasi BIOS
Untuk melakukan setting BIOS dapat dilakukan dengan dua cara yaitu secara manual dan otomatis:
1. Setting konfigurasi BIOS mode Auto, BIOS akan memberikan setting paling standard untuk motherboard ybs. Artinya setting Auto akan menjamin bahwa BIOS mampu menangani semua hardware yang terpasang, dan dijamin beroperasi dengan lancar. Tentu saja performa-nya adalah standar. Pilihan Auto biasanya tersedia dalam menu-menu yang bersifat “kritis”, yang butuh pengetahuan cukup untuk mengisinya dengan nilai-setting manual. Kata “kritis” disini berarti jika salah dalam memasukkan suatu nilai, bisa menimbulkan kerusakan mainboard maupun hardware terkait. Contohnya adalah setting pada Processor atau RAM.
2. Setting konfigurasi BIOS mode Manual, Bios akan (berusaha) mengikuti setting sesuai kehendak user. Biasanya user memasukkan parameter-nilai setting secara manual untuk mendapatkan kualitas kinerja yang optimal dari semua hardware yang terpasang pada motherboard tsb. Tidak selalu BIOS akan berhasil mengikuti kehendak user (parameter manual), bagaimanapun BIOS juga memiliki keterbatasan. Jadi jika ingin menggunakan opsi Manual, user harus mengerti dengan baik batas kemampuan BIOS (mainboard) tsb. Contoh cara setting manual bisa dibaca pada artikel Setting RAM Mode Manual.
F. Pendekatan, Model dan Metode
| Pendekatan pembelajaran | : | Saintifik |
| Model Pembelajaran | : | Discovery Learning |
| Metode | : | Diskusi |
G.Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Kesatu:
| Kegiatan | Deskripsi | Alokasi Waktu |
| Pendahuluan | Guru mengkondisikan kesiapan peserta didik dalam proses KBM: · Memberi salam · Berdoa · Menanyakan kabar peserta didik (kenyamanan dan kesiapan peserta didik dalam belajar) · Mengecek kehadiran peserta didik Guru menyampaikan KI, KD, IPK, tujuan pembelajaran dan materi pokok pembelajaran Menyampaikan cakupan materi dan urutan kegiatan Apersepsi berupa gambaran umum aplikasi materi terhadap realisasinya dalam pekerjaan Memberikan penjelasan tentang pentingnya penerapan K3 dalam menggunakan Perangkat Keras dan Perangkat Lunak Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan | 15 menit |
| Stimulation | Mengamati Guru meminta peserta didik untuk membaca buku tentang BIOS dan komponen BIOS (Literasi) Peserta didik membaca buku tentang BIOS dan komponen BIOS | 2 x 45 Menit |
| Pernyataan / Identifikasi masalah (Problem Statement) | Menanya Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik terkait BIOS dan komponen BIOS Peserta didik menjawab pertanyaan terkait BIOS dan komponen BIOS | |
| Pengumpulan data (Data Collection) | Mengumpulkan informasi Guru meminta peserta didik untuk mencari informasi BIOS dan komponen BIOS Peserta didik menggali informasi BIOS dan komponen BIOS Peserta didik menyampaikan hasil dan kelompok lain menganggapi terkait BIOS dan komponen BIOS | |
| Pembuktian (Data processing dan Verification) | Menalar Guru menugaskan peserta didik untuk berdiskusi dalam kelompok tentang BIOS dan komponen BIOS Peserta didik berdiskusi tentang BIOS dan komponen BIOS | |
| Menarik simpulan / generalisasi (Generalization) | Mengkomunikasikan Guru dan Peserta didik menyimpulkan tentang BIOS dan komponen BIOS | |
| Penutup | Guru melakukan evaluasi pelajaran yang telah dilaksanakan Guru merefleksikan kegiatan KBM yang sudah dilakukan Guru menginformasikan hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk pertemuan berikutnya Guru mengkondisikan peserta didik dan kelas sebelum pelajaran diakhiri · Cek kebersihan · Cek jumlah peserta didik · Berdoa · Salam | 30 menit |
| | | |
H. Media, Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
| Media | : | Powepoint Office 2010, Internet, Video Dokumenter |
| Alat | : | LCD Proyektor, Whiteboard, Spidol, Smartphone |
| Bahan | : | Hardware dan Software pendukung perakitan dan instalasi SO dan aplikasi |
| | | |
I. Sumber Belajar
| Sumber Belajar | : | Ebook: "Perakitan Komputer Kelas X Semester 1", 2013, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan |
J. Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan
1. Instrumen dan Teknik Penilaian
a. Teknik Penilaian
| No | Aspek yang dinilai | Teknik Penilaian | Waktu Penilaian |
| 1. | Pengetahuan | Tertulis | Saat pembelajaran |
| 2. | Ketrampilan | Penugasan | Saat pembelajaran/ Setelah pembelajaran |
| 3. | Sikap | Penilaian diri/ Observasi | Saat pembelajaran/ Setelah pembelajaran |
b. Instrumen Penilaian
1) Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dengan tes tertulis
| No | Pertanyaan | Bobot |
| 1. | 1. | |
| | Nilai Akhir (NA) | 100 |
| | | |
Kunci Jawaban
| No | Jawaban |
| 1. | |
| | |
Kriterian penilaian
| No | Jawaban |
| 1. | Skor 0 bila tidak menjawab Skor 30 bila jawaban salah Skor 50 bila jawaban kurang benar Skor 75 bila jawaban mendekati benar Skor 100 bila jawaban benar |
| | |
2) Ketrampilan
Penilaian ketrampilan dengan praktik tentang Langkah-langkah konfigurasi BIOS dan prosedur pembuatan laporan konfigurasi BIOS
| No | Aspek | Rentang Skor |
| 1. | Persiapan | 20 |
| 2. | Proses | 50 |
| 3. | Hasil | 20 |
| 4. | Waktu | 10 |
| | Nilai Akhir (NA) | 100 |
3) Sikap
Penilaian Sikap melalui Penilaian Diri
| No | Aspek Pengamatan | TP | KD | SR | SL |
| 1. | Saya berdoa sebelum belajar | | | | |
| 2. | Saya bersemangat mengikuti pelajaran | | | | |
| 3. | Saya mengerjakan sendiri ulangan harian/tugas | | | | |
| 4. | Saya terlibat aktif dalam bekerja menyelesaikan tugas kelompok | | | | |
Keterangan :
1 = TP : Tidak pernah
2 = KD : Kadang – kadang
3 = SR : Sering
4 = SL : Selalu
Pedoman penilaian
| |
Nilai Akhir :
3,51 – 4,00 : Sangat Baik (SB)
2,51 – 3,50 : Baik (B)
1,51 – 2,50 : Cukup (C)
1,00 – 1,50 : Kurang (K)
2. Analisis Hasil Penilaian
§ Analisis hasil penilaian diadakan setelah diadakan tes formatif
§ Hasil analisis penilaian menentukan perlu tidaknya diadakan remedial atau pengayaan
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
§ Bagi peserta didik yang memperoleh nilai kurang dari 75 diadakan remedi.
§ Apabila jumlah peserta didik yang remidi 75% atau lebih maka diadakan pembelajaran remedial.
§ Bagi peserta didik yang memperoleh nilai 75 atau lebih maka diadakan pengayaan.
| Mengetahui, Kepala Sekolah | | Kendal, 15 Juli 2019 Guru Mata Pelajaran |
Komentar
Posting Komentar