RPP Dasar Desain Grafis X / I (Satu) KD 3.7 dan 4.7


Tutorial Debian 5.0 || Modul Guru Pembelajar  || Tutorial Mikrotik || Jaringan Dasar || Tips dan Trik || Kurukulum 2013 KIKD dan SILABUS || Pemrograman Dasar || Komputer dan Jaringan Dasar || Simulasi dan Komunikasi Digital || Administrasi Infrastruktur Jaringan || Dasar Desain Grafis || Administrasi Sistem Jaringan || Teknologi Layanan Jaringan || Lain-lain || RULE-UPDATE-SARAN || Contact Person


 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

A.  Identitas Program Pendidikan
NamaSekolah
:
SMK
Mata Pelajaran
:
Dasar Desain Grafis
Komp. Keahlian
:
Teknik Komputer Jaringan (3 Tahun)
Kelas/Semester
:
X / I (Satu)
Tahun Pelajaran
:
2019/2020
Alokasi Waktu
:
12 x 45 Menit



B.  Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Kompetensi Inti
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Informatika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian darikeluarga, sekolah, duniakerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

4. Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Informatika. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang  terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.

Kompetensi Dasar
3.7 Menerapkan manipulasi gambar vektor dengan menggunakan fitur efek
4.7 Memanipulasi gambar vektor dengan menggunakan fitur efek




C.  Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator KD pada KI pengetahuan
1.      Menjelaskan fungsi manifulasi gambar vektor.
2.      Mengintegrasikan efek fitur manipulasi pada gambar.

Indikator KD pada KI keterampilan
1.      Membandingkan efek manipulasi pada gambar.
2.      Menunjukkan gambar hasil manipulasi.

D.  Tujuan Pembelajaran
Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik akan dapat:
1.      Menjelaskan fungsi manifulasi gambar vektor.
2.      Mengintegrasikan efek fitur manipulasi pada gambar.

Setelah mempraktikan, peserta didik akan dapat:
1.      Membandingkan efek manipulasi pada gambar.
2.      Menunjukkan gambar hasil manipulasi.

E.  Materi Pembelajaran
Manfaat manipulasi gambar vektor.
Teknik memanipulasi gambar vektor.

F.   Pendekatan, Model dan Metode
Pendekatan pembelajaran
:
Saintifik
Model Pembelajaran
:
Discovery Learning
Metode
:
Diskusi

G. Kegiatan Pembelajaran
1.    Pertemuan Kesatu:
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
Guru mengkondisikan kesiapan peserta didik dalam proses KBM:
·      Memberi salam
·      Berdoa
·      Menanyakan kabar peserta didik (kenyamanan dan kesiapan peserta didik dalam belajar)
·      Mengecek kehadiran peserta didik
Guru menyampaikan KI, KD, IPK, tujuan pembelajaran dan materi pokok pembelajaran
Menyampaikan cakupan materi dan urutan kegiatan
Apersepsi berupa gambaran umum aplikasi materi terhadap realisasinya dalam pekerjaan
Memberikan penjelasan tentang pentingnya penerapan K3 dalam menggunakan Perangkat Keras dan Perangkat Lunak
Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
15 menit
Stimulation

Mengamati
Guru meminta peserta didik untuk membaca buku tentang Fungsi manifulasi gambar vektor dan mengintegrasikan efek fitur manipulasi pada gambar (Literasi)
Peserta didik membaca buku tentang Fungsi manifulasi gambar vektor dan mengintegrasikan efek fitur manipulasi pada gambar
11 x 45 Menit
Pernyataan / Identifikasi masalah (Problem Statement)
Menanya
Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik terkait Fungsi manifulasi gambar vektor dan mengintegrasikan efek fitur manipulasi pada gambar
Peserta didik menjawab pertanyaan terkait Fungsi manifulasi gambar vektor dan mengintegrasikan efek fitur manipulasi pada gambar
Pengumpulan data (Data Collection)

Mengumpulkan informasi
Guru meminta peserta didik untuk mencari informasi Fungsi manifulasi gambar vektor dan mengintegrasikan efek fitur manipulasi pada gambar
Peserta didik menggali informasi Fungsi manifulasi gambar vektor dan mengintegrasikan efek fitur manipulasi pada gambar
Peserta didik menyampaikan hasil dan kelompok lain menganggapi terkait Fungsi manifulasi gambar vektor dan mengintegrasikan efek fitur manipulasi pada gambar

Pembuktian (Data processing dan Verification)
Menalar
Guru menugaskan peserta didik untuk berdiskusi dalam kelompok tentang Fungsi manifulasi gambar vektor dan mengintegrasikan efek fitur manipulasi pada gambar
Peserta didik berdiskusi tentang Fungsi manifulasi gambar vektor dan mengintegrasikan efek fitur manipulasi pada gambar
Menarik simpulan / generalisasi (Generalization)
Mengkomunikasikan
Guru dan Peserta didik menyimpulkan tentang Fungsi manifulasi gambar vektor dan mengintegrasikan efek fitur manipulasi pada gambar
Penutup
Guru melakukan evaluasi pelajaran yang telah dilaksanakan
Guru merefleksikan kegiatan KBM yang sudah dilakukan
Guru menginformasikan hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk pertemuan berikutnya
Guru mengkondisikan peserta didik dan kelas sebelum pelajaran diakhiri
·      Cek kebersihan
·      Cek jumlah peserta didik
·      Berdoa
·      Salam
30 menit



H.  Media, Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
Media
:
Powepoint Office 2010, Internet, Video Dokumenter
Alat
:
LCD Proyektor, Whiteboard, Spidol, Smartphone
Bahan
:
Hardware dan Software pendukung desain grafis



I.     Sumber Belajar
Sumber Belajar
:
Ebook: "Ebook Belajar Coreldraw X7 Untuk Pemula", SUHARMAWAN Amd.GRAF
Internet: dianwidianik.blogspot.com




J.    Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan
1.    Instrumen dan Teknik Penilaian
a.     Teknik Penilaian
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Pengetahuan
Tertulis
Saat pembelajaran
2.
Ketrampilan
Penugasan
Saat pembelajaran/ Setelah pembelajaran
3.

Sikap
Penilaian diri/ Observasi
Saat pembelajaran/ Setelah pembelajaran

b.     Instrumen Penilaian
1)        Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dengan tes tertulis
No
Pertanyaan
Bobot
1.
1.     

Nilai Akhir (NA)
100



Kunci Jawaban
No
Jawaban
1.
Kriterian penilaian
No
Jawaban
1.
Skor 0 bila tidak menjawab
Skor 30 bila jawaban salah
Skor 50 bila jawaban kurang benar
Skor 75 bila jawaban mendekati benar
Skor 100 bila jawaban benar


2)        Ketrampilan
Penilaian ketrampilan dengan praktik tentang  Membandingkan efek manipulasi pada gambardan menunjukkan gambar hasil manipulasi
No
Aspek
Rentang Skor
1.
Persiapan
20
2.
Proses
50
3.
Hasil
20
4.
Waktu
10

Nilai Akhir (NA)
100




3)        Sikap     
 Penilaian Sikap melalui Penilaian Diri
No
Aspek  Pengamatan
TP
KD
SR
SL
1.
Saya berdoa sebelum belajar




2.
Saya bersemangat mengikuti pelajaran




3.
Saya mengerjakan sendiri ulangan harian/tugas




4.
Saya terlibat aktif dalam bekerja menyelesaikan tugas kelompok





Keterangan :
1  = TP  : Tidak pernah
2  = KD : Kadang – kadang
3  = SR  : Sering
4  = SL  : Selalu
Pedoman penilaian

Nilai Akhir :
3,51 – 4,00 : Sangat Baik (SB)
2,51 – 3,50 : Baik (B)
1,51 – 2,50 : Cukup (C)
1,00 – 1,50 : Kurang (K)
2.    Analisis Hasil Penilaian
§  Analisis hasil penilaian diadakan setelah diadakan tes formatif
§  Hasil analisis penilaian menentukan perlu tidaknya diadakan remedial atau pengayaan

3.    Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
§  Bagi peserta didik yang memperoleh nilai kurang dari 75 diadakan remedi.
§  Apabila jumlah peserta didik yang remidi 75% atau lebih maka diadakan pembelajaran remedial.
§  Bagi peserta didik yang memperoleh nilai 75 atau lebih maka diadakan pengayaan.

Mengetahui,
Kepala  Sekolah

Kendal, 15 Juli 2019
Guru Mata Pelajaran







Komentar