SILABUS Simulasi dan Komunikasi Digital X Genap


Tutorial Debian 5.0 || Modul Guru Pembelajar  || Tutorial Mikrotik || Jaringan Dasar || Tips dan Trik || Kurukulum 2013 KIKD dan SILABUS || Pemrograman Dasar || Komputer dan Jaringan Dasar || Simulasi dan Komunikasi Digital || Administrasi Infrastruktur Jaringan || Dasar Desain Grafis || Administrasi Sistem Jaringan || Teknologi Layanan Jaringan || Lain-lain || RULE-UPDATE-SARAN || Contact Person


SILABUS MATA PELAJARAN

Nama Sekolah                 : SMK 
Bidang Keahlian             : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kompetensi Keahlian      : Teknik Komputer dan Jaringan
Mata Pelajaran                 : Simulasi dan Komunikasi Digital
Durasi (Waktu)                : 54 JP
Kelas/Semester                : X / 2
KI-3 (Pengetahuan)         : Memahami, menerapkan, menganalisis,dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup  Simulasi dan Komunikasi Digital (Simdig) pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4 (Keterampilan)        : Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital (Simdig). Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

                                       




Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi Pokok
Alokasi Waktu (JP)
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
1
2
3
4
5
6
3.10 Menganalisis komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan








4.10 Melakukan komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan
3.10.1 Membedakan jenis komunikasi sinkron-asinkron.
3.10.2 Menggambarkan proses komunikasi data sinkron dan asinkron.
3.10.3 Menyimpulkan kelebihan dan kekurangan komunikasi sinkron dan asinkron.
3.10.4 Melakukan chatting (teks dan video).
4.10.1 Melakukan komunikasi menggunakan E-mail.
4.10.2 Melakukan publikasi konsep menggunakan Blog.
4.10.3 Melakukan kolaborasi Dokumen Daring (Online Documents).
4.10.4 Menggunakan layanan penyimpanan file Daring (Online Cloud-Storage).
       Prosedur komunikasi daring sinkron dan asinkron
       Chat
       Email
       Blog
       Membuat, mengubah, dan berbagi file Dokumen Daring
       Penyimpanan Daring
9
       Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang kelebihan komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan
       Mengumpulkan data proses komunikasi sinkron dan asinkron dan layanannya dalam jaringan
       Mengolah data cara penggunaan setiap layanan sinkron dan asinkron dalam jaringan
       Mengomunikasikan penggunaan layanan komunikasi sinkron dan asinkron sesuai kebutuhan
Pengetahuan:
       Tes tertulis
       Wawancara
Keterampilan:
       Unjuk kerja
Observasi
3.11 Menganalisis fitur perangkat lunak pembelajaran kolaboratif daring





4.11 Menggunakan fitur untuk pembelajaran kolaboratif daring (kelas maya)
3.11.1 Menjelaskan keunggulan pembelajaran jarak jauh.
3.11.2 Menerapkan prosedur pendaftaran sebagai siswa dalam kelas maya.
3.11.3 Memilih fitur yang tepat dalam aktivitas khusus sesuai perintah guru.
4.11.1 Melaksanakan tugas secara daring.
4.11.2 Menggunakan materi pelajaran, file, atau sumber belajar daring.
       Pembelajaran jarak jauh
       Pemanfaatan layanan jejaring sosial daring untuk pembelajaran
9
       Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang keunggulan belajar jarak jauh
       Mengumpulkan data jenis layanan jejaring sosial daring yang dapat digunakan untuk pembelajaran
       Mengolah data cara penggunaan layanan jejaring sosial untuk pembelajaran
       Mengomunikasikan tentang fitur pada layanan jejaring sosial untuk pembelajaran
Pengetahuan:
       Tes tertulis
Keterampilan:
       Unjuk kerja
       Observasi
3.12 Merancang dokumen tahap pra-produksi



4.12 Membuat dokumen tahap pra-produksi
3.12.1 Memahami alur proses pembuatan video.
3.12.2 Membandingkan sinopsis, naskah, dan storyboard.
4.12.1 Membuat sinopsis.
4.12.2 Membuat naskah.
4.12.3 Mendesain karakter.
4.12.4 Membuat storyboard.
       Konsep pembuatan video
       Teknik pembuatan sinopsis, naskah, dan storyboard
       Desain karakter

12
       Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang cara membuat video atau animasi
       Mengumpulkan data tentang perbedaan pada sinopsis, naskah, dan storyboard
       Mengolah data cara membuat sinopsis naskah, dan storyboard
       Membuat sinopsis, naskah, dan storyboard berdasarkan topik yang telah dipilih sesuai plot cerita, kebutuhan tampilan visual-audio. Serta merancang desain karakter sesuai sinopsis dan naskah (khusus animasi)
Pengetahuan:
       Tes tertulis
Keterampilan:
       Unjuk kerja

3.13 Menganalisis produksi video, animasi dan/atau musik digital





4.13 Memroduksi video dan/atau animasi dan/atau musik digital
3.13.1 Menjelaskan elemen sinopsis, naskah, dan storyboard.
3.13.2 Menelaah naskah untuk kepentingan penentuan lokasi, pemain, peralatan, wardrobe.
3.13.3 Menganalisis sinematografi.
4.13.1 Mengoperasikan kamera.
4.13.2 Menggunakan teknik penempatan dan pergerakan kamera.
4.13.3 Memanipulasi pencahayaan.
4.13.4 Mengoperasikan perangkat lunak animasi.
4.13.5 Melakukan modelling, texturing, rigging.
4.13.6 Memodifikasi objek (scalling, rotating, moving).
4.13.7 Mengoperasikan perangkat lunak penulisan nada atau penyunting audio.
       Sinematografi dasar
       Penempatan dan pergerakan kamera
       Konsep pencahayaan
       Perangkat lunak animasi 3D atau penyunting audio

15
       Mengamati sinopsis, naskah, dan storyboard untuk mengidentifikasi kebutuhan syuting
       Mengumpulkan data untuk penentuan lokasi, pemain, peralatan, pencahayaan, wardrobe, dan pengambilan gambar
       Mengolah data mencari/merancang lokasi, penyediaan pemain/karakter dan wardrobe, penyediaan peralatan, dan pengondisian pencahayaan sesuai naskah dan storyboard
       Membuat video atau animasi sesuai sinopsis, naskah, dan storyboard. Khusus musik digital: merangkai musik digital
Pengetahuan:
       Tes tertulis
       Wawancara
Keterampilan:
       Unjuk kerja
       Observasi
       Portofolio
3.14 Mengevaluasi pasca-produksi video, animasi dan/atau musik digital






4.14 Membuat laporan hasil pasca-produksi
3.14.1 Menyeleksi kesesuaian hasil produksi dengan naskah
3.14.2 Memilih fitur yang tepat pada perangkat lunak penyunting  video/animasi sesuai kebutuhan.
3.14.3 Menyeleksi fitur perangkat lunak rendering akhir.
4.14.1 Memodifikasi scene/objek.
4.14.2 Menggabungkan video, objek animasi, dan/atau musik digital.
4.14.3 Melakukan Rendering.
4.14.4 Menggabungkan teks pada video atau animasi.
4.14.5 Membuat laporan hasil pengelolaan proyek
       Perangkat lunak penyunting video/animasi/
       Teknik memotong dan menggabungkan scene
9
       Mengamati untuk mengidentifikasi tentang kesesuaian hasil produksi dengan naskah
       Mengumpulkan data bagian tahapan produksi yang tidak/belum sesuai dengan naskah maupun arahan sutradara
       Mengolah data untuk melakukan penyesuaian scene menggunakan perangkat lunak editor video, animasi, atau musik digital


       Menggabungkan setiap scene menjadi video utuh sesuai naskah. Khusus animasi: melakukan rendering
Pengetahuan:
       Tes tertulis
       Wawancara
Keterampilan:
       Unjuk kerja
       Observasi
Portofolio
            
   Mengetahui :                             Kendal, 15 Juli 2019
                            Kepala  Sekolah                            Guru Mata Pelajaran




Komentar