RPP Simulasi dan Komunikasi Digital X / I (Satu) KD 3.8 dan 4.8


Tutorial Debian 5.0 || Modul Guru Pembelajar  || Tutorial Mikrotik || Jaringan Dasar || Tips dan Trik || Kurukulum 2013 KIKD dan SILABUS || Pemrograman Dasar || Komputer dan Jaringan Dasar || Simulasi dan Komunikasi Digital || Administrasi Infrastruktur Jaringan || Dasar Desain Grafis || Administrasi Sistem Jaringan || Teknologi Layanan Jaringan || Lain-lain || RULE-UPDATE-SARAN || Contact Person


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

A.  Identitas Program Pendidikan
NamaSekolah
:
SMK
Mata Pelajaran
:
Simulasi dan Komunikasi Digital
Komp. Keahlian
:
Teknik Komputer Jaringan (3 Tahun)
Kelas/Semester
:
X / I (Satu)
Tahun Pelajaran
:
2019/2020
Alokasi Waktu
:
3 x 45 Menit



B.  Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Kompetensi Inti
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup  Simulasi dan Komunikasi Digital (Simdig) pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital (Simdig). Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Kompetensi Dasar
3.8 Memahami konsep Kewargaan Digital
4.8 Merumuskan etika Kewargaan Digital




C.  Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator KD pada KI pengetahuan
1.      Menjelaskan konsep Kewargaan Digital.
2.      Menjelaskan konsep internet safety.
3.      Menjelaskan jenis virus komputer dan pencegahannya.
4.      Menjelaskan simbol Creative Commons.

Indikator KD pada KI keterampilan
1.      Mengimplementasikan penggunaan internet dengan aman.
2.      Memilih dan memilah informasi.

D.  Tujuan Pembelajaran
Setelah berdiskusi dan menggali informasi, peserta didik akan dapat:
1.      Menjelaskan konsep Kewargaan Digital.
2.      Menjelaskan konsep internet safety.
3.      Menjelaskan jenis virus komputer dan pencegahannya.
4.      Menjelaskan simbol Creative Commons.

Setelah mempraktikan, peserta didik akan dapat:
1.      Mengimplementasikan penggunaan internet dengan aman.
2.      Memilih dan memilah informasi.

E.  Materi Pembelajaran
Konsep Kewargaan Digital
Cyberbulliying dan Cyberharrasment
Menggunakan internet dengan aman
Simbol Creative Commons

F.   Pendekatan, Model dan Metode
Pendekatan pembelajaran
:
Saintifik
Model Pembelajaran
:
Discovery Learning
Metode
:
Diskusi

G. Kegiatan Pembelajaran
1.    Pertemuan Kesatu:
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
Guru mengkondisikan kesiapan peserta didik dalam proses KBM:
·      Memberi salam
·      Berdoa
·      Menanyakan kabar peserta didik (kenyamanan dan kesiapan peserta didik dalam belajar)
·      Mengecek kehadiran peserta didik
Guru menyampaikan KI, KD, IPK, tujuan pembelajaran dan materi pokok pembelajaran
Menyampaikan cakupan materi dan urutan kegiatan
Apersepsi berupa gambaran umum aplikasi materi terhadap realisasinya dalam pekerjaan
Memberikan penjelasan tentang pentingnya penerapan K3 dalam menggunakan Perangkat Keras dan Perangkat Lunak
Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
15 menit
Stimulation

Mengamati
Guru meminta peserta didik untuk membaca buku tentang Konsep Kewargaan Digital, konsep internet safety, jenis virus komputer dan pencegahannya, serta simbol Creative Commons (Literasi)
Peserta didik membaca buku tentang Konsep Kewargaan Digital, konsep internet safety, jenis virus komputer dan pencegahannya, serta simbol Creative Commons
2 x 45 Menit
Pernyataan / Identifikasi masalah (Problem Statement)
Menanya
Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik terkait Konsep Kewargaan Digital, konsep internet safety, jenis virus komputer dan pencegahannya, serta simbol Creative Commons
Peserta didik menjawab pertanyaan terkait Konsep Kewargaan Digital, konsep internet safety, jenis virus komputer dan pencegahannya, serta simbol Creative Commons




Pengumpulan data (Data Collection)

Mengumpulkan informasi
Guru meminta peserta didik untuk mencari informasi Konsep Kewargaan Digital, konsep internet safety, jenis virus komputer dan pencegahannya, serta simbol Creative Commons
Peserta didik menggali informasi Konsep Kewargaan Digital, konsep internet safety, jenis virus komputer dan pencegahannya, serta simbol Creative Commons
Peserta didik menyampaikan hasil dan kelompok lain menganggapi terkait Konsep Kewargaan Digital, konsep internet safety, jenis virus komputer dan pencegahannya, serta simbol Creative Commons
Pembuktian (Data processing dan Verification)
Menalar
Guru menugaskan peserta didik untuk berdiskusi dalam kelompok tentang Konsep Kewargaan Digital, konsep internet safety, jenis virus komputer dan pencegahannya, serta simbol Creative Commons
Peserta didik berdiskusi tentang Konsep Kewargaan Digital, konsep internet safety, jenis virus komputer dan pencegahannya, serta simbol Creative Commons
Menarik simpulan / generalisasi (Generalization)
Mengkomunikasikan
Guru dan Peserta didik menyimpulkan tentang Konsep Kewargaan Digital, konsep internet safety, jenis virus komputer dan pencegahannya, serta simbol Creative Commons
Penutup
Guru melakukan evaluasi pelajaran yang telah dilaksanakan
Guru merefleksikan kegiatan KBM yang sudah dilakukan
Guru menginformasikan hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk pertemuan berikutnya
Guru mengkondisikan peserta didik dan kelas sebelum pelajaran diakhiri
·      Cek kebersihan
·      Cek jumlah peserta didik
·      Berdoa
·      Salam
30 menit



H.  Media, Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
Media
:
Powepoint Office 2010, Internet, Video Dokumenter
Alat
:
LCD Proyektor, Whiteboard, Spidol, Smartphone
Bahan
:
Hardware dan Software pendukung simulasi dan komunikasi digital



I.     Sumber Belajar
Sumber Belajar
:
Ebook: "Perakitan Komputer Kelas X Semester 1", 2013, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Internet: dianwidianik.blogspot.com

J.    Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan
1.    Instrumen dan Teknik Penilaian
a.     Teknik Penilaian
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
1.
Pengetahuan
Tertulis
Saat pembelajaran
2.
Ketrampilan
Penugasan
Saat pembelajaran/ Setelah pembelajaran
3.

Sikap
Penilaian diri/ Observasi
Saat pembelajaran/ Setelah pembelajaran

b.     Instrumen Penilaian
1)        Pengetahuan
Penilaian pengetahuan dengan tes tertulis
No
Pertanyaan
Bobot
1.
1.     

Nilai Akhir (NA)
100



Kunci Jawaban
No
Jawaban
1.





Kriterian penilaian
No
Jawaban
1.
Skor 0 bila tidak menjawab
Skor 30 bila jawaban salah
Skor 50 bila jawaban kurang benar
Skor 75 bila jawaban mendekati benar
Skor 100 bila jawaban benar


2)        Ketrampilan
Penilaian ketrampilan dengan praktik tentang Mengimplementasikan penggunaan internet dengan aman serta memilih dan memilah informasi
No
Aspek
Rentang Skor
1.
Persiapan
20
2.
Proses
50
3.
Hasil
20
4.
Waktu
10

Nilai Akhir (NA)
100

3)        Sikap     
1. Penilaian Sikap melalui Penilaian Diri
No
Aspek  Pengamatan
TP
KD
SR
SL
1.
Saya berdoa sebelum belajar




2.
Saya bersemangat mengikuti pelajaran




3.
Saya mengerjakan sendiri ulangan harian/tugas




4.
Saya terlibat aktif dalam bekerja menyelesaikan tugas kelompok




Keterangan :
1  = TP  : Tidak pernah
2  = KD : Kadang – kadang
3  = SR  : Sering
4  = SL  : Selalu
Pedoman penilaian
Nilai Akhir :
3,51 – 4,00 : Sangat Baik (SB)
2,51 – 3,50 : Baik (B)
1,51 – 2,50 : Cukup (C)
1,00 – 1,50 : Kurang (K)

2.    Analisis Hasil Penilaian
§  Analisis hasil penilaian diadakan setelah diadakan tes formatif
§  Hasil analisis penilaian menentukan perlu tidaknya diadakan remedial atau pengayaan

3.    Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
§  Bagi peserta didik yang memperoleh nilai kurang dari 75 diadakan remedi.
§  Apabila jumlah peserta didik yang remidi 75% atau lebih maka diadakan pembelajaran remedial.
§  Bagi peserta didik yang memperoleh nilai 75 atau lebih maka diadakan pengayaan.

Mengetahui,
Kepala  Sekolah

Kendal, 15 Juli 2019
Guru Mata Pelajaran







Komentar